Perbanyak istighfar, Saran Aa Gym di Kala Pandemi

Setiap manusia tentunya dititipkan oleh Allah SWT berbagai masalah. Namun jutaan masalah yang menghambat jalan hidup manusia haruslah dijadikan alat untuk mempertebal iman seseorang. Demikian nasihat dari Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Mengapa? Karena menurut Aa Gym, Allah SWT tak akan memberikan ujian melebihi kemampuan hambanya.

“Tak ada yang luput dari masalah di dunia ini, sebab itu adalah ujian yang datang dari Allah SWT. Masalah pasti datang silih berganti dan umat muslim semestinya tidak perlu risau akan hal tersebut,” kata Aa Gym dalam salah satu tausiahnya yang diunggah di akun Youtube miliknya, Senin (8/6).

Aa Gym menjelaskan, Islam telah mengajarkan bagaimana cara menghadapi kegelisahan ketika masalah datang. Salah satu contoh upaya mengatasi kegelisahan itu yakni dengan memperbanyak istighfar. Aa menyebutkan, istighfar merupakan jalan pertolongan Allah kepada hamba-hambanya.

“Perbanyak istighfar dalam kondisi apa pun, terutama di saat hati resah gelisah. Niscaya hati akan jauh lebih tenaang dan solusi pun akan Allah berikan,” katanya.

“Boleh hadirin semua bertanya pada ulama di mana pun, yakin jawabannya akan sama dengan Aa, karena istighafar sebagai jalan keluar itu bukan kata ulama atau siapa pun, melainkan sebuah cara yang diberikan Allah SWT,” jelasnya.

Aa menghimbau agar seluruh umat muslim yang ada di Indonesia bisa memanfaatkan waktunya untuk terus mengingat Allah SWT dengan beristighfar. Apalagi, lanjut Aa, di tengah fenomena pandemi Covid-19 yang begitu memberatkan setiap ikhtiar manusia.

“Coba sedikit demi sedikit, yang tidak terbiasa upayakan secara perlahan. Segala sesuatunya jika disandarkan kepada-Nya dengan cara mengingat Allah tentu akan mudah. Seperti kita menghadapi pandemi ini, semua terasa berat tapi tetap teguh berpegang kepada Allah SWT,” ujarnya.

“Semoga dengan istighfar ini Allah Ta’ala senantiasa menolong kita dan mengampuni semua dosa-dosa kita yang kita lakukan,” lanjut Aa Gym. (Elga)

foto: ilustrasi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *