Peternak Binaan DT Peduli, Rasakan Manfaat Program DTM

Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhiid (DT) Peduli melalui Program Desa Ternak Mandiri (DTM), kerja sama dengan Yayasan Pemberdayaan Ummat Daarut Tauhiid (DT Berdaya), melakukan Monev (monitoring dan evaluasi) kesiapan persediaan domba. Kegiatan dilaksanakan di DTM Wilayah Cisarua, Kampung Mekarwangi, RT 04, RW 05, Desa Jambudipa, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Senin (17/6).

Alhamdulillah persiapan domba untuk Hari Raya Idul Adha sudah sangat siap. Apalagi beberapa domba yang diurus saat ini sudah mempunyai berat 25 kilogram ke atas. Artinya, untuk domba yang berukuran tersebut sudah bisa masuk kategori domba yang layak dikurban. Maka kita tinggal melakukan beberapa perawatan terhadap domba, dan kandangnya,” ujar Toyib Supardi, salah seorang peternak DTM Cisarua

Toyib mengungkapkan, ia dan Peternak DTM lainnya merasa terbantu dengan adanya Program DTM. Katanya, pemberdayaan yang dilakukan DT Peduli melalui program ini, mampu membantu mereka dari sisi kemandirian ekonomi.

“Kegiatan monev ini juga sangat bagus dilakukan bagi para peternak. Artinya, peternak bisa mengetahui progres setiap bulannya apakah menurun atau meningkat. Maka dengan itu bisa timbul evaluasi untuk kami para peternak, sehingga para peternak bisa berkembang. Selain monev, ini juga sekaligus silaturahmi bagi peternak,dan pengurus DT Peduli,” jelasnya.

Sebanyak 50 ekor Domba bakalan dititipkan kepada tiga orang peternak binaan yang ada di Cisarua. Dua orang peternak, mendapat masing-masing 15 ekor, dan satu orang peternak lagi mendapat 20 ekor. (Yuga Hassani)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *