Selayang Pandang Program Pendidikan Formal Daarut Tauhiid

Sejak berdiri 30 tahun yang lalu, program pendidikan di Daarut Tauhiid (DT) mengalami perkembangan. Salah satunya yakni adanya program pendidikan formal. DT memiliki program formal mulai jenjang Play Group hingga Sekolah Menengah. Semua pendidikan informal tersebut di bawah tanggung jawab Direktorat Pendidikan (Dirdik) DT.

Saat ini DT memiliki program pendidikan formal antara lain:

PG dan TK DT

Taman Kanak-kanak Daarut Tauhiid (TK DT) berdiri sejak 1990 berawal dari pengajian anak-anak warga di kediaman Aa Gym. Selain mendirikan TK, DT pun mendirikan Play Group (PG). Keduanya berada di bawah Yayasan DT.

Ada pun Visi PG dan TK DT yakni menjadi PG dan TK unggulan untuk melahirkan generasi tauhid yang memiliki karakter ahli zikir, ahli piker, dan ahli ikhtiar. Sedangkan misinya membentuk karakter anak yang berakhlak mulia, cerdas, kreatif, dan mandiri.

SD DT

Sekolah Dasar Daarut Tauhiid (SD DT) berdiri pada tahun 2018 berlokasi di Eco Pesantren Jalan Cigugur Girang Parongpong. SD DT memiliki moto “Bertauhid, Berakhlak, Kreatif”.

Ada pun visinya yaitu menjadi lembaga pendidikan dasar yang profesional dan mampu mewujudkan generasi berakhlakul karimah, prestatif, dan mandiri berlandaskan tauhid dalam membentuk generasi ahli zikir, ahli pikir, dan ahli ikhtiar.

SMP DTBS Putra dan Putri

Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School (SMP DTBS) Putra dan Putri berdiri sejak 2011, menerapkan kurikulum Diknas dan kurikulum boarding khas DT yang berbasis karakter. Mulai tahun 2014/2015, SMP DTBS dipisah antara santri putra dengan santri putri baik secara lokasi maupun struktural.

SMP DTBS memiliki visi untuk menjadi lembaga pendidikan profesional yang membentuk generasi berakhlakul karimah, prestatif, mandiri, berwawasan lingkungan yang berlandaskan tauhid.

SMK DTBS

Sekolah Menengah Kejuruan Daarut Tauhiid (SMK DT) resmi didirikan pada tahun 2009, merupakan cikal bakal berdirinya pendidikan formal di DT. Ada pun visi SMK DTBS adalah menjadi sekolah unggulan di bidang Teknologi Informasi dan Manajemen Bisnis yang berlandaskan tauhid dalam membentuk generasi ahli zikir, ahli pikir, dan ahli ikhtiar.

SMK DT memiliki beberapa program keahlian, yakni Teknik Komputer dan Jaringan untuk putra dan Akuntansi untuk putri.

SMA DTBS Putra

Pada tahun 2016 bersamaan dengan dibukanya sekolah SMA Putri, Sekolah Menengah Atas Khadimul Ummah (SMA KU) berganti nama menjadi SMA DTBS Putra. Ada pun visinya yakni menjadi lembaga pendidikan profesional yang mampu menyiapkan generasi calon pemimpin profesional, yang mampu menyiapkan generasi calon pemimpin hafiz Quran, berakhlakul karimah, berkarakter BAKU (Baik dan Kuat), prestatif, mandiri, berwawasan lingkungan yang berlandaskan tauhid.

SMA DTBS Putri

Visi Sekolah Menengah Atas Daarut Tauhiid Boarding School (SMA DTBS) Putri yakni menjadi lembaga pendidikan profesional yang mampu membentuk generasi Qurani, berakhlakul karimah, prestatif, mandiri, berwawasan lingkungan yang berlandaskan tauhid.

SMP dan SMA Adzkia DTBS Serua

Sekolah SMP dan SMA Adzkia diresmikan pada 23 Februari 2007. Ada pun visinya sebagai sekolah perintis kemandirian dan kepeloporan. Sedangkan SMA Adzkia menerapkan paradigma multiple intelengences yakni kecerdasan majemuk.

SMP DTBS Batam

Sekolah Menengah Pertama Daarut Tauhiid Boarding School (SMP DTBS) Batam memiliki moto “Bertauhid, Berakhlak, Berprestasi.” Ada pun visinya yakni menjadi lembaga pendidikan profesional yang membentuk generasi berakhlakul karimah, prestatif, mandiri, berwawasan lingkungan yang berlandaskan tauhid. (Ana)

ket: ilustrasi foto diambil saat sebelum pandemi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *