Senam Intifadha, Cara Awali Hari PG & TK Daarut Tauhiid

Hari pertama di awal pekan, PG & TK Daarut Tauhiid (DT) mengadakan kegiatan Senam Pagi, Senin (25/1). Kegiatan dihadiri oleh siswa PG & TK DT serta siswa Program Private Homeschooling secara daring via aplikasi Zoom. Meskipun daring, para siswa tetap semangat mengikuti gerakan yang dicontohkan para guru.

Senam pagi kali ini dipandu oleh Sucianti, guru TK-B mengambil tema ‘Senam Intifadha’. Sebelum pandemi, kegiatan dilakukan secara luring setiap satu pekan sekali. Saat pandemi, kegiatan kembali dilakukan meskipun secara daring. Tidak hanya para siswa yang mengikutinya, para guru dan orangtua yang mendampingi turut serta.

Menurut Risti Rahmawati selaku Waka Kurikulum dan Siswa, kegiatan senam tidak hanya bertujuan untuk kebugaran. Kegiatan juga mengurangi kejenuhan dan meningkatkan semangat para siswa.

“Kegiatan ini menjadi gebrakan baru supaya anak-anak tidak jenuh. Anak-anak pun memulai awal pekan lebih semangat dengan bergerak terlebih dahulu melalui kegiatan senam sehat. Mereka bisa lebih sehat, ceria, semangat, dan menambah kebersamaan dengan orangtua,” ujarnya.

Sebelum kegiatan senam dimulai, anak-anak terlebih dahulu diajak pemanasan agar tidak merasa tegang dan santai bergerak ketika senam dimulai. Senam Intifadha ini merupakan senam sehat yang diiringi oleh lagu nasyid Intifadha. Ada pun gerakannya dibuat sendiri oleh guru PG & TK DT.

Tidak hanya kegiatan senam untuk mengawali hari pertama di awal pekan, ada juga kegiatan lain untuk pekan-pekan selanjutnya ketika mengawali hari pertama beraktivitas.

“Insya Allah ke depannya akan ada kegiatan yang lain. Untuk pertemuan kedua ini, kami masih mengajak para siswa melakukan senam sehat agar muncul semangat sehingga tidak mengantuk. Kegiatan senam ini sangat efektif. Mereka bergerak aktif karena memang anak usia dini itu senang bergerak, jadi bisa tersalurkan,” kata Risti.

“Jadi ketika ikut kegiatan di kelompoknya bersama ibu guru, anak-anak sudah bisa mulai fokus. Selain itu kegiatan senam pagi agar anak-anak bisa semakin tumbuh sehat,” lanjutnya. (Pipit)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *