SMP DTBS Beri Penghargaan untuk Santri yang Disiplin

Bersih, Rapih, Tertib dan Teratur atau BRTT, merupakan Budaya Daarut Tauhiid (DT) yang menjadi ciri khas para santrinya, kerap membawa banyak manfaat. Bukan hanya kebersihan lingkungan yang terjaga, namun juga kebiasaan yang melekat. Merespon hal tersebut, Civitas SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putra memberlakukan penghargaan bagi para santri yang paling unggul Karakter BRTT-nya.

Hendra Wira Chandra, Staf Pengasuh SMP DTBS Putra mengatakan, penghargaan tersebut untuk membangun motivasi agar para santri dapat menjadi pribadi yang lebih baik.Ia mengungkapkan, di Bulan September, Santri Kelas IX mendominasi hadiah yang disiapkan oleh Pengurus SMP DTBS Putra.

“BRTT harus diamalkan di mana saja, di sini BRTT sudah menjadi kewajiban untuk dilaksanakan, bahkan menjadi karakter, begitu juga di tempat yang lain. Jadi kami sengaja memberikan banyak hadiah tiap bulan untuk para santri yang berhasil memberikan contoh BRRT yang baik. Hadiahnya macam-macam, tergantung panitia yang menilai, untuk bulan ini yang mendominasinya anak kelas IX,” katanya, Kamis (26/9).

Menurutnya, penilaian untuk penghargaan BRTT ini sangat fair, selain karena juri yang kredibel, cara penilaian pun sangat objektif. Mulai dari buku harian, laporan teman, laporan musrif, sampai ke penilain wali kelas, juga guru-guru dilibatkan dalam penilain.

“Kita coba bangun yang terbaik supaya fair penilaiannya, dan gak ada cemburu juga. Kegiatan ini merupakan implementasi penilaian kedisplinan santri, baik keseluruhan, angkatan, juga per kelas,” katanya.
Hendra berharap santri yang mendapatkan hadiah tidak memperhitungkan yang didapat, namun melihat bentuk dan proses yang dijalani, agar menjadi contoh bagi santri yang lain.

“Saya berharap kompetisi ini bisa menjadi sesuatu yang membuat santri lain terdorong untuk mengamalkan BRTT lebih giat lagi. Apalagi bisa menerapkan di lokasi lain,” jelasnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *