Beri Reward Bulanan, Cara SMK DTBS Putra Beri Motivasi

SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putra memberikan penghargaan bulanan, bagi santri yang berhasil menerapkan Karakter Baik dan Kuat (BAKU). Abdul Rojak, Kepala SMK DTBS mengatakan, reward ini harus menjadi motivasi bagi santri, untuk terus mengamalkan budaya yang ada di DT.

“Harus jadi motivasi yang melekat. Tiap bulan Santri SMK akan kami kontrol. Budaya yang ada di DT harus menjadi identitas santri sampai kapan pun. Adanya pengharagaan ini, saya ingin santri terus mengingat bahwa Budaya DT itu bermanfaat untuk lingkungan di luar DT,” ujarnya saat ditemui, Senin (9/9).

Menurutnya, ada beberapa penilaian yang diterapkan. Mulai dari penilaian diri, penilaian antar teman, penilaian wali kelas, musryif, dan penilaian jurnal kesiswaan. Empat tahap tersebut, di akumulatifkan dan menghasilkan beberapa nama. Metode itu, kata Abdul Rojak, dapat dipertanggungjawabkan.

“Kami juga menilai, bagaimana hubungan mereka dengan teman-temannya? Makanya kami lihat secara detail, bagaiamana interaksi mereka? Ada metode dari penilaian musryif, biasanya itu disinkronkan dengan metode yang lain, ini betul-betul bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Penghargaan ini dinilai baik oleh para santri SMK, karena menjadi acua tolak ukur sejauh mana mengembangkan diri. “Bagi yang sudah pernah dapat penghargaan ini, pastinya akan terus mengembangkan dirinya. Ada nilai edukasi, bukan hanya kompetisi. Yang saya harapkan adalah Budaya DT tersampaikan, dan teraplikasikan oleh para santri,” ujarnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *