Supervisi bagi Guru PG & TK Daarut Tauhiid

Meskipun pembelajaran dilakukan secara jarak jauh (PJJ), PG & TK Daarut Tauhiid (DT) tetap mengadakan supervisi bagi para guru via online. Pada Kamis (22/10) kembali diadakan supervisi untuk keempat kalinya dalam satu bulan ini.

Sebelum diadakan supervisi, Kepala Sekolah PG & TK DT Ade Karwati memberikan pembekalan mengenai supervisi, tujuan dari supervisi itu sendiri, tantangan PJJ, dan pembekalan lainnya.

“Untuk meningkatkan kualitas SDM ada beberapa poin dalam penilaian, di antaranya absensi, hasil karya, tanggung jawab, komunkasi dan disiplin, serta interpersonal. Menjadi guru di abad 21 ini kita harus memiliki 4 C, yaitu Creativity, Critis, Collabority, dan Communication,” tutur Ade Karwati.

Di kesempatan yang sama, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum dan Siswa Risti Rahmawati juga menyampaikan teknis pelaksanaan dan informasi terkait supervisi.

“Di bulan Oktober ini supervisi dimulai pada tanggal 7. Kemarin yang pertama disupervisi yaitu dari guru kelompok A (Bu Yossi). Setiap pekan akan ada satu atau dua guru yang disupervisi langsung oleh kepala sekolah. Jumlah guru yang disupervisi ada 5 orang, di antaranya dua orang guru kelompok A, dua orang guru kelompok B, dan satu orang guru di kelompok A2. Supervisi ini dilakukan setiap bulan, dan bulan depan akan diadakan lagi supervisi untuk para pengajar,” jelas Risti.

“Tujuan diadakan supervisi untuk meningkatkan kompetensi guru di bidang pedagogi, selain supervisi cara mengajar. Selama ini supervisi dilakukan secara tidak formal melalui kepribadian, menilai kemampuan kompetensi sosial, juga bisa melihat sejauh mana kurikulum khas Daarut Tauhiid dipergunakan dalam pembelajaran dan bisa tertuang dalam RPPH, atau pun saat dalam belajar ada integrasi antara kurikulum nasional dan kurikulum khas Daarut Tauhiid,” lanjut Risti. (Pipit)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *