Sinergi Pesantren dan STAI DT melalui Program Pesantren Mahasiswa Virtual

Pesantren Daarut Tauhiid (DT) senantiasa berupaya bersinergi dengan berbagai lembaga di DT. Salah satunya dengan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) DT, sekolah yang fokus mencetak mahasiswa dengan kemampuan soft skill (ilmu diniyah dan bahasa asing), dan memiliki karakter atau berakhlak baik.

Wujud sinergi antara kedua lembaga berupa bergabungnya 29 mahasiswa STAI DT dalam Program Pesantren Mahasiswa Virtual (PPMV). Pada Rabu (21/10), diadakan penerimaan mahasiswa STAI DT dan pembukaan program tersebut pada pukul 19.30 Wib via aplikasi Zoom Meeting.

Abdul Halim, Kabag Dakwah Eksternal DKM DT mengatakan acara ini merupakan pertemuan pertama para mahasiswa dalam PPMV.

“Malam ini alhamdulillah telah dilaksanakan acara pembukaan PPMV untuk mahasiswa dari STAI Daarut Tauhiid. Mahasiswa yang hadir sejumlah 11 ikhwan dan 18 akhwat ditambah dua pendamping santri atau musyrif, dan saya sendiri selaku penanggung jawab pelaksanaan program. Ada pun agendanya dimulai dengan pembukaan program dan sosialisasi kurikulum pembelajaran PPMV,” ujar Halim.

Halim menambahkan selama program berlangsung, para mahasiswa akan dibekali dengan ilmu diniyah, di antaranya akidah, fikih ibadah, dan manajemen qolbu. Selain itu mereka juga akan dibekali dengan kemampuan bahasa asing yaitu bahasa Arab dan bahasa Inggris, serta pendampingan dalam melaksanakan ibadah harian melalui aplikasi mutabaah yaumiah.

Khusus semester ini, peserta mengikuti pembelajaran secara virtual dari rumahnya masing-masing berdasarkan kebijakan Yayasan DT untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19. Selanjutnya, para para peserta akan mengikuti pembelajaran secara langsung di Ponpes DT Bandung pada awal tahun 2021. (Angga)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *