Takut Miskin? Ini Nasihat Aa Gym

Salah satu ketakutan paling besar bagi seorang pengusaha adalah kegagalan kemudian jatuh miskin. Padahal segala sesuatunya sudah menjadi takdir dan kehendak Allah SWT. Ketakutan semacam itu, bisa timbul karena usaha yang dijalankan pernah atau sedang dilaksanakan dengan sesuatu yang kurang baik atau merugikan.

Hal tersebut juga disampaikan KH. Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym, dalam salah satu tausiahnya yang diunggah baru-baru ini di jagat maya. Sebagai seorang pengusaha, Aa Gym berpendapat pikiran negatif ‘takut miskin’ selalu datang dari sesuatu yang tidak baik. Maka dari itu, ia mengimbau para pengusaha untuk menjalankan bisnisnya dengan cara yang benar.

“Kalau saya kan pengusaha juga dan bagi saya pantang sekali untuk dapat sesuatu yang tidak baik karena tidak berkah. Ada satu dililit masalah jadi nggak pernah menikmati hidup, lalu di hatinya selalu takut miskin, takut kurang, selalu takut aja kepikiran,” jelasnya, Sabtu (13/6).

Lebih lanjut, Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT) ini menjelaskan cara agar hati bisa bahagia dan jauh dari pikiran ‘takut miskin’, yakni dengan yakin bahwa rezeki telah diatur oleh Allah SWT. Karena, setiap orang memiliki rezeki yang berbeda-beda.

“Hati selalu merasa kaya, nggak ada persaingan karena yakin rezeki ada yang jamin,” terangnya.

Aa Gym juga mengingatkan bahwa menjemput rezeki dengan cara yang baik dan benar menjadi hal yang sangat mulia di mata Allah SWT. Terlebih bila harta yang ia dapatkan juga dibagikan kepada yang membutuhkan.

“Jadi dalam Islam itu waktu menjemput rezeki dengan niat dan cara yang baik pasti lebih berharga. lalu didistribusikan tambah mulia lagi. Jadi uang itu di bawah dia, jangan sampai dia tidak punya harga seperti koruptor yang hidup di balik topeng itu,” pungkasnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *