Tentang Kepemimpinan, Ketua Yayasan DT: Atur Diri Sendiri sebelum Tim

“Kepemimpinan bukan hanya bagaimana kita mengatur orang lain, tapi bagaimana bisa mengatur diri sendiri terlebih dahulu. Jika kita bisa mengatur diri sendiri, maka akan mudah melaksanakan harapan dan cita-cita kita dalam membangun tim,” ujar Gatot Kunta Kumara, Ketua Yayasan Daarut Tauhiid (DT).

Nasihat ini disampaikannya saat mengisi Kajian MQ Pagi bersama KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), Kamis (28/1). Kajian ini disiarkan langsung secara daring melalui Zoom, YouTube dan Facebook Aa Gym.

Menurut Gatot, jika bisa mengatur diri sendiri dan memperbaiki urusan dengan Allah, maka hasilnya adalah pertolongan dari Allah dari jalan yang tidak disangka-sangka.

“Kita selalu merasa pemimpin itu harus bisa segalanya. Namun yang perlu dilakukan adalah bagaimana menemukan potensi teman-teman yang kita pimpin dan berkolaborasi serta memfasilitasi kebutuhan mereka. Kita pun berupaya mengembangkan potensi teman-teman kita itu agar berkembang. Hal ini yang harus diperhatikan dari setiap kepemimpinan,” ujar Gatot.

Tidak lupa Gatot mengingatkan agar selalu bersandar kepada Allah sebagai tujuan dalam berikhtiar.

“Rumusnya sederhana saja. Perbaiki urusan kita kepada Allah, kelola keuangan dengan baik, serta petakan kemampuan SDM kita. Itu bisa membangkitkan kembali semangat dalam berkarya. Bahkan perusahaan yang kolabs pun akan bangkit. Lalu, niatkan apa yang dilakukan sebagai amal saleh yang mendekatkan kepada Allah,” pungkas Gatot. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *