Ubur-ubur Ajaib, Tema Panggung Ceria TK DT Pekan Ini

PG & TK Daarut Tauhiid (DT) kembali mengadakan kegiatan Fun Learning Panggung Ceria yang dipandu oleh Arianti dan Sucianti, Ahad (14/2). Kegiatan yang diadakan secara online ini diikuti oleh siswa TK DT, peserta fun learning, dan bahkan guru dari sekolah lain yang turut mengikuti kegiatan tersebut.

Untuk memperkenalkan salah satu ciptaan Allah, PG & TK DT mengambil tema ‘Ubur-ubur Ajaib’.

“Pada pertemuan pertama di tahun 2021 ini, kami baru mengadakan kembali kegiatan Fun Learning Panggung Ceria di Bulan Februari. Kesempatan kali ini kami mengambil tema Ubur-ubur Ajaib, yang mana kami mengajak anak-anak untuk mengenal salah satu ciptaan Allah. Bisa melihat kreativitas anak-anak di masa pandemi, serta menumbuhkan kecintaan pada makhluk ciptaan Allah,” kata Arianti.

Dua hari sebelum kegiatan dimulai, sekolah memberikan informasi kepada orangtua untuk mempersiapkan bahan-bahan seperti kertas lipat, benang wol, spidol, yang mana bahan-bahan tersebut akan digunakan saat pembuatan kreasi ubur-ubur. Para peserta sangat tertarik saat akan diajak membuat kreasi ubur-ubur ajaib, peserta memperlihatkan bahan yang sudah mereka siapkan.

“Kali ini kita akan membuat kreasi ubur-ubur ajaib. Anak-anak membuat kreasi tersebut dari bahan yang sudah anak-anak siapkan. Kami sebagai guru pendamping mencontohkan tahap demi tahap dalam pembuatan kreasi ubur-ubur, kemudian diikuti oleh anak setiap tahapannya. Setelah anak selesai kami lanjut ke tahap selanjutnya sampai kreasi ubur-ubur selesai dibuat,” jelas Arianti.

Kebahagiaan pun terlihat dari para peserta saat pembuatan ubur-ubur ajaib. Salah satunya dari Gema, siswa TK yang mengikuti kegiatan ini. “Tadi Gema seneng banget bikin ubur-ubur. Gema menggunting kaki ubur-ubur, dan sama Gema gunting rumput laut,” ujarnya saat ditemui seusai kegiatan.

Dalam pembuatan kreativitas ubur-ubur dari kertas lipat dan bahan lainnya, selain untuk menggali kreativitas anak, kegiatan ini juga dapat mengasah daya cipta anak, melatih kesabaran, dan ketelitian.

“Pada kegiatan Panggung Ceria saat membuat kreasi ubur-ubur, disitu kan ada kegiatan menggunting dan menempel. Itu bisa untuk melatih motorik halus anak, kreativitas, serta seni. Dan saat anak membuat suatu karya itu masuk ke aspek seni,” kata Sucianti. (Pipit)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *