Panggung Ceria: Ada Apa dengan Bunga Matahari?

PG & TK Daarut Tauhiid (DT) kembali mengadakan kegiatan Panggung Ceria, yang merupakan pertemuan terakhir di semester ganjil ini. Kegiatan diadakan secara daring, didampingi mahasiswa PPLPS UPI, Dita Amalia dan Anugrah Nur Hidayah. Untuk memberikan pengetahuan baru kepada peserta, para mahasiswa mengambil tema berkebun bunga matahari.

Pada Ahad (20/12) pagi, kegiatan diawali dengan sapa pagi kepada para peserta, lalu menari hockey pockey, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti dari Panggung Ceria.

“Alhamdulillah bisa mendampingi di kegiatan Panggung Ceria kali ini. Di sini kami bermain dan belajar bersama mengenal tentang bunga matahari, bercerita serta menjelaskan keunikan bunga matahari melalui video yang kami putar,” jelas Anugrah.

Penyampaian dan metode yang diberikan sangat menyenangkan, sehingga menjadi daya tarik bagi para peserta. Antusias mereka terlihat ketika menyaksikan penjelasan mengenai keunikan dari bunga matahari, yang bergerak mengikuti ke arah sinar matahari.

“Selain menayangkan video bagaimana cara matahari tumbuh atau bergerak, kami pun mengajak para peserta membuat kreasi hiasan kepala menggunakan gambar bunga matahari. Tujuannya untuk mengembangkan aspek motorik halus dan kognitif peserta. Sebelumnya peserta sudah diberikan informasi agar menyiapkan bahan-bahan untuk membuat hiasan kepala. Ada kertas warna, selotip, lem kertas, dan kertas koran bekas,” lanjut Anugrah.

Ungkapan bahagia pun disampaikan oleh Sava, salah seorang peserta Panggung Ceria. “Iya seru, senang ketemu teman-teman. Ketemu bu guru juga, terus bisa ngobrol sama teman. Tadi lihat cerita ada anak perempuan yang menanam bunga matahari, terus bikin topi bunga matahari. Jadi sekarang Sava bisa bikin topi bunga matahari,” katanya.

Melalui kegiatan ini, tidak hanya kemampuan motorik halus yang dikembangkan, tapi juga mengajak anak agar lebih mengagungkan Allah. Mengetahui betapa luar biasanya makhluk-makhluk ciptaan-Nya. (Pipit)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *