Upaya DT Peduli Kembangkan Program Kesehatan

Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Daarut Tauhiid (DT) Peduli telah hadir di Sukabumi sejak April 2016, dan diresmikan langsung oleh KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Saat itu namanya belum DT Peduli, tapi Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU DT).

Lokasi DT Peduli Sukabumi terletak di Jalan RA Kosasih No. 347, Kelurahan Cibeureum Hilir, Kecamatan Cibeureum, Kota Sukabumi. Sejak awal berdiri, banyak program yang telah dilaksanakan, di antaranya adalah program kesehatan yang bergerak di bidang layanan kesehatan gratis.

Lalu pada 2019, DT Peduli Sukabumi memiliki mobil layanan kemanusiaan. Dukungan para donatur pun semakin meningkat, sehingga program kesehatan semakin berkembang. Banyak masyarakat yang telah merasakan manfaatnya, termasuk layanan mobil ambulance yang membantu mengantar mustahik ke rumah sakit di Kota Sukabumi, hingga ke rumah sakit rujukan Tipe A, seperti Rumah Sakit Hasan Sadikin di Kota Bandung.

Sahabat difabel juga turut mendapat perhatian melalui program kesehatan ini. Mereka diberi alat bantu dengar dan kursi roda agar lebih mudah beraktifitas dan terus semangat berkarya. Tidak hanya Santri Karya DT Peduli yang terjun langsung, para relawan kesehatan dan mahasiswa yang mendapat beasiswa dari DT Peduli Sukabumi pun turut membantu. Khusus dari kalangan mahasiswa, mereka rata-rata menempuh pendidikan di sekolah tenaga kesehatan di Kota Sukabumi.

Sejak pandemi Covid-19 melanda, layanan kesehatan yang diberikan pun bertambah. Mulai dari pembagian masker, handsanitizer, penyemprotan disinfektan, serta penempatan sabun cuci tangan di beberapa masjid yang berada di wilayah Kota Sukabumi.

Rizkia Ananda Winda, Kepala Unit Kantor Pelaksana Program DT Peduli Sukabumi menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk terus bersinergi dalam melayani, dan peduli kepada umat melalui program kesehatan, dan program lainnya yang ada di DT Peduli Sukabumi. (Arie Citra Rengganis)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *