Adakan PPKKS, Upaya SMK DTBS Upgrade Kualitas Kepala Sekolah

Mengawali Februari, SMK Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) melaksanakan Penilaian Prestasi Kerja Kepala Sekolah (PPKKS). Penilaian berdasarkan kinerja kepala sekolah dalam waktu satu tahun terakhir. Penilaian dilakukan oleh pengawas sekolah dari Kantor Cabang Dinas (KCD) Wilayah 7 Provinsi Jawa Barat Dr. Iwa Koswara. Bertempat di Gedung SMK DTBS Putri, Kompleks Pesantren DT Gegerkalong Girang, Rabu (3/2).

Kepala Sekolah SMK DTBS Abdul Rojak mengatakan, dari penilaian ini ia selaku kepala sekolah dapat mengetahui apa saja yang telah dicapai dari pandangan pengawas sekolah.

“Setiap saat memang kita harus mengevaluasi diri. Dan saya merasa harus mengetahui apa saja yang belum dilakukan selama ini. Apalagi saat penilaian itu, saya tidak mengetahui indikator apa saja yang ditanyakan pengawas,” ujar Rojak.

PPKKS merupakan salah satu strategi pembina atau pengawas sekolah untuk menjaga profesionalitas kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya.

“Terbantu sekali. Kita dapat evaluasi melalui internal dalam hal ini Dirdik DT dan eksternal dari perwakilan Dinas Pendidikan. Insya Allah kita akan mengetahui hasilnya dalam waktu dekat. Mohon doanya agar semakin meningkatkan kualitas dan layanan pendidikan di SMK Daarut Tauhiid,” kata Rojak.

Objek utama dalam kegiatan PPKKS  ini adalah kepala sekolah. Namun dalam pelaksanaannya, bukan hanya kinerja kepala sekolah yang dinilai melainkan ada lima  kompetensi.

Pertama, Kompetensi Pribadi Sosial. Lalu kedua, Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran. Ketiga, Kompetensi Pengembangan Sekolah. Keempat, Kompetensi Manajemen Sumber Daya. Dan kelima, Kompetensi Supervisi Pembelajaran.

Kegiatan ini pun menghadirkan para koresponden dari perwakilan komite, guru, staf tata usaha, dan juga siswa sehingga penilaiannya lebih komprehensif. (Eko/Ihsan)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *