Baitul Quran Daarut Tauhiid Kembali Selenggarakan Tes Tadabbur

Bandung – Rabu (7/7/2021), unit Baitul Quran Pesantren Daarut Tauhiid kembali melaksanakan kegiatan tes tadabbur yang ditujukan bagi peserta program TQT (Tahfidzul Quran Tematik).

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program yang harus dilalui seluruh peserta, setelah hafalan ayat sekaligus terjemah dan maknanya disetorkan ke pembimbing masing-masing pada pertemuan-pertemuan sebelumnya.

“Alhamdulillah, pada malam ini kita dapat berkumpul kembali dalam rangka thalabul ‘ilmi, sekaligus mempererat jalinan silaturahmi”, ungkap Iman mengawali agenda tes.

Setelah dibuka oleh pembawa acara sekitar pukul 20.00 WIB, agenda kemudian dilanjutkan dengan tilawah bersama yang dipandu oleh Dendy Yuhartono, salah seorang peserta TQT Baitul Quran asal Bima, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Baitul Quran, Sigit Bayu Anggoro dalam agenda tes sebelumnya menyampaikan, bahwa tes tadabbur merupakan tanda peserta telah berada di penghujung program.

Sigit menyampaikan dalam kesempatan menyapa para peserta TQT, “Alhamdulillah, tidak terasa program TQT sudah di penghujung program. Tandanya, adalah dilaksanakannya tes tadabbur ini”.

“Oleh sebab itu, ayo tetap semangat! Supaya hafalannya dapat dijaga dan dikuatkan. Diulang-ulang dalam salat, di luar salat, termasuk tes tadabbur malam ini. Semangat kita adalah untuk semakin memahami ayat-ayat yang dihafalkan. Mudah-mudahan dengan berkahnya Al-Qur’an, kita disehatkan dan juga dijaga oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala”, lanjut Sigit.

Sebanyak 15 soal yang terdiri atas 10 butir soal pilihan ganda dan 5 uraian, dikerjakan oleh seluruh peserta dengan khidmat meskipun dengan waktu yang diterbatas. Tes dilaksanakan secara daring via Zoom Meeting, dengan soal yang ditampilkan perbutir pada slide Powerpoint, dan peserta menuliskan jawabannya pada googleform yang disediakan.

Setelah melalui tes tadabbur, peserta selanjutnya akan melaksanakan agenda penutupan program yang akan dilaksanakan pada Ahad, 11 Juli 2021.

Pada periode program kali ini, tema hafalan yang ditentukan adalah QS. Al Kahfi ayat 1-26, dengan diikuti oleh peserta sebanyak 45 orang dari berbagai macam latar belakang usia dan daerah.

Sebagaimana diketahui, melalui program TQT Baitul Quran peserta dibimbing untuk bisa hafal ayat, sekaligus paham maknanya. Program ini terbuka untuk umum; usia minimal 15 tahun, usia maksimal tidak terbatas. Untuk mengetahui informasi dan pendaftaran program TQT Baitul Quran dapat menghubungi Call Center 0819-1020-6060 atau dapat dilihat di website www.daaruttauhiidvirtual.com.  (Tuqo)

Red: WIN

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *