DT Peduli Buka Pelatihan Menjahit bagi Dhuafa dan Difabel

DT Peduli sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) yang bergerak di bidang penghimpunan (fundraising) dan pendayagunaan dana Zakat, Infak, dan sedekah, kini membuka pelatihan menjahit. Pelatihan tersebut disediakan bagi para mustahik, untuk meningkatkan keterampilan, dan meningkatkan taraf ekonomi mereka.

“Pada Pilar Ekonomi ini, kami mentitikberatkan pada pemberdayaan. Menjadikan mereka memiliki kemampuan untuk dilatih dan dibina, agar ketika ada dana zakat itu, tidak habis begitu saja. Tapi, harus berkesinambungan dalam jangka panjang, berdaya guna, dan bermaslahat, salah satunya dengan program pelatihan menjahit,” kata Edu, Santri Karya DT Peduli Cabang Bandung, pada Rabu (3/7).

Pelatihan menjahit yang diselenggarakan DT Peduli melalui Program Peduli Ekonomi, dibuka pendaftarannya sampai hari Sabtu (6/7). Survei akan dilakukan selama empat hari, mulai Senin (8/7), sampai Jumat (12/7), dan hasilnya akan diumumkan pada Sabtu (13/7). Selanjutnya, mereka akan dilatih selama satu bulan, mulai Senin (15/7), sampai (Kamis (15/8). Warga di wilayah Kota Bandung, Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat, dipersilakan untuk mendaftar.

Selain pelatihan menjahit secara gratis, mereka yang lulus akan diberikan fasilitas makan dua kali sehari, disediakan uang transport, kaos pelatihan, perlengkapan menjahit, dan diikut sertakan dalam kegiatan ta’lim (menyimak tausiah di DT).

Calon peserta yang berminat wajib memenuhi persyaratan, seperti melampirkan fotokopi KK, melampirkan fotokopi KTP, melampirkan SKTM, melampirkan pas foto 3×4 ( 2 lembar), mengisi formulir. Adapun persyaratan lainnya yaitu, khusus akhwat atau wanita, sehat jasmani dan rohani, usia 18 sampai 40 tahun, memiliki kemapuan dasar mengoperasikan mesin jahit, pendidikan minimal SMP, bersedia mengikuti aturan yangg berlaku, domisili Bandung dan sekitarnya.

“Kegiatan pelatihan menjahit ini dibagi menjadi dua segmen, segmen pertama, pelatihan menjahit untuk umum dhuafa. Sedangkan segmen kedua, pelatihan menjahit khusus untuk kaum difabel seperti; tuna rungu, dan tuna daksa,” tambah Edu.

Pendaftaran dapat melalui Kantor DT Peduli Pusat di Jalan Gegerkalong Girang No.32, Bandung. Telp. 022-2021862, dan Kantor DT Peduli Perwakilan Jawa Barat yang berlokasi di Gegerkalong Hilir No.75, Bandung. Telp. 022-82003527. Informasi lebih lanjut silakan menghubingi Bambang, 08122373090. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *