DT Peduli dan Bakrie Amanah Resmikan Jembatan Ciasahan di Bogor

Daarut Tauhiid (DT) Peduli bersama Bakrie Amanah melalui Program Jembatan Peduli Negeri meresmikan  Jembatan Ciasahan di Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Rabu (23/12).

Acara yang disajikan secara daring dan luring melalui aplikasi Zoom ini menghadirkan KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) Pembina DT Peduli, jajaran Pemkab Bogor, Bakrie Amanah, serta disiarkan pula melalui kanal media sosial.

Secara offline, acara dilaksanakan dengan tetap mengikuti standar prokes pandemi Covid-19. Acara dihadiri Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bogor, Direktur Utama DT Peduli Muhammad Bascharul Asana, dan Bendahara Bakrie Amanah Maulana Adnan beserta masyarakat.

Banjir bandang yang melanda Kabupaten Bogor pada awal Januari 2020 ini, mengakibatkan rusaknya sejumlah fasilitas umum dan fasilitas sosial yang ada, di antara fasilitas yang rusak terbawa hanyut banjir adalah Jembatan Ciasahan.

DT Peduli dan Bakrie Amanah bersinergi menggagas Program Jembatan Peduli Negeri bersepakat untuk membangun jembatan ini kembali.

Atas partisipasi dan dukungan dari beberapa lembaga dan donatur perorangan, jembatan ini mulai dibangun kembali pada Februari 2020 bekerja sama dengan salah satu Kelompok Usaha Bakrie yakni PT Bakrie Metal Industries, unit bisnis PT Bakrie & Brothers di bidang manufaktur metal dan baja yang memiliki portofolio pembangunan jembatan di beberapa titik di wilayah Indonesia.

Dalam sambutannya, Adhika Aryasthana Bakrie mewakili Kelompok Bakrie menyampaikan, program ini dapat terlaksana atas sinergi Kelompok Bakrie yang tergabung dalam wadah Bakrie Tanggap. Ada pun Bakrie Amanah merupakan bagian dari Bakrie Tanggap.

Arya menambahkan, pada saat pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia tak terkecuali Indonesia, gerakan kolaborasi atau sinergi bersama merupakan salah satu cara untuk tetap dapat membantu meringankan beban sesama.

“Alhamdulilah Bakrie Amanah sebagai salah satu organisasi zakat berusaha mewujudkan hal tersebut. Melalui kolaborasi dan sinergi dengan beberapa lembaga lainnya,” ucap Arya.

Sementara itu, Muhammad Bascharul Asana atau yang akrab disapa Rully ini mengungkapkan, DT Peduli bersama Bakrie Amanah melalui Program Jembatan Peduli Negeri telah membentangkan tiga jembatan di tahun ini. Yakni Jembatan Cimeta di Kabupaten Bandung Barat pada bulan Agustus 2020, Jembatan Leksula di Kabupaten Buru Selatan Ambon pada Oktober 2020, dan Jembatan Ciasahan.

Pembangunan kembali Jembatan Ciasahan ini, tambah Rully, merupakan donasi dari para donatur, yakni: PT Arutmin Indonesia, PT Kangean Energi Indonesia, YBM PLN, Yayasan Harum Karawang, serta para donatur dari Kelompok Usaha Bakrie, komunitas maupun dari Insan Bakrie serta donatur DT Peduli.

“Semoga fasilitas jembatan akan yang dibangun ini dapat dikelola oleh warga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya sesuai peruntukannya,” ungkap Rully.

Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin memberikan apresiasi atas kerja sama antara DT Peduli dan Bakrie Amanah dalam pembangunan fasilitas umum dan sosial berupa Jembatan Ciasahan di Kabupaten Bogor.

“Semoga dengan dibangunnya kembali Jembatan Ciasahan oleh DT Peduli dan Bakrie Amanah ini akan segera memulihkan kehidupan ekonomi dan sosial warga Desa Sukamaju Kecamatan Cigudeg ini,” kata Ade Yasin yang bergabung melalui saluran daring Zoom. (TH)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *