Green House Eco Pesantren DT, Penghasil Sayuran Berkualitas

Sayur-sayuran yang dikembangkan dengan sistem hidroponik di Green House Eco Pesantren Daarut Tauhiid Jalan terusan Ciwaruga babakan, Cigugur Girang Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat, mengalami perkembangan yang signifikan. Pasal sayuran-sayuran tersebut telah menemui pasar konsumennya.

Sebagaian besar di lahan yang berukuran 30 x 40 m^2 ini di tanami berbagi jenis sayuran seperti Bayam Hijau, Bayam Merah, Pakcoy, dan Seladah, yang semuanya menghasilkan kualitas yang baik. Salah satu Petani atau Penanggungjawab Green House Eco Pesantren DT, Yusep mengatakan bahwa menanam sayauran dengan sistem hidroponik memiliki banyak keunggulan, seperti waktu panen lebih cepat dan hasilnya merupakan sayuran organik yang bebas dari kandungan zat kimia.

“Budidaya sayuran hidroponik ini tidak menggunakan pestisida dan obat kimia lain, sebagaimana biasanya dilakukan terhadap tanaman di atas media tanah. Penyemaian bibit sayur dilakukan di atas rockwool yang telah diisi air, lalu disimpan di tempat yang kedap sinar matahari selama tiga hari, setelah tumbuh, tanaman dipindahkan ke media pembesaran, lalu tujuh hari kemudian tanaman dipindahkan kembali ke media pendewasaan,” ungkap Yusep (28/8).

Pada media pendewasaan ini, kata Yusep, air yang telah dicampurkan dengan nutrisi dialirkan secara terus menerus selama 24 jam dan aliran air itu diperiksa secara rutin untuk memastikan tidak ada jalur yang tersumbat yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman sayur.

“Alhamdulillah, Green House sekarang telah menghasilkan sayuran yang berkulaitas dan sudah menemukan pasar konsumennya, karena hasil dari panen sayuran ini, langsung banyak yang minat untuk membelinya dan ada juga sebagian yang di supply ke kantin-kantin di Daarut Tauhiid,” tambahnya. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *