Pembangunan Dome Masuki Tahap Pengecoran Lantai Dua

Salah satu aset wakaf yang sedang dalam tahap pembangunan yaitu Dome atau Gedung Serbaguna Pendidikan, yang dibangun di Eco Pesantren Daarut Tauhiid (DT), Jalan Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Pengerjaannya kini memasuki tahap pengecoran lantai dua, yang di kerjakan oleh 70 orang pekerja. Pengecoran pun menggunakan teknik ready mix yang melibatkan enam armada bangunan, yang terisi dari lima mixer truck, dan Concrete pump truck.

Dede Sehendar, Pengawas dan Perencanaan Pembangunan Dome di Eco Pesantren DT menyampaikan, pengecoran ini merupakan lanjutan dari pengecoran pekan lalu. Cuacanya juga  sangat mendukung. Jadi, pengecoran kolom-kolom tiang pondasi yang terakhir sudah mengering, bisa lanjut melakukan pengecoran bagian lantai dua.

“Tahap pengecoran lantai ada dua tahapan, sekarang tahapan pertama, dalam artian kita melakukan pengecoran sebagian dulu, pengecoran ini menggunkan teknik ready mix dengan melibatkan limat unit truk mixer. Karena posisi pengecoran jauh, kalau dilakukan manual untuk mengangkat adukan semen tidak memungkinkan, karena akan memakan waktu, jadi kami menggunakan alat berat yaitu satu unit truk conrete pump. Jadi adukan semen dipompa ke titik pengecoran,” ujar Dede Suhendar, pada Selasa (23/7).

Dalam perencanaanya, akhir bulan ini akan merampungkan pengecoran lantai dua, pembalokan, dan pemasangan plat kerangka di lantai dua. Lalu, pemasangan kolom-kolom tiang di lantai dua untuk pemasangan kerangka atap.

“Pembangunan ini memasuki minggu ke dua belas, apabila kembali sesuai dengan waktu perencanaan, di akhir bulan ini akan merampungan pengencoran lantai dua, sekarang tahap satu sedang dikerjakan. Semoga dalam waktu dekat ini tahap duanya pun bisa langsung dikerjakan, dan kemungkinan teknik pengecoran lantai dua akan menggukan teknik yang sama dengan ready mix. Setelah ini selesai, langsung pemasangan kerangka untuk kolom-kolom tiang dilantai dua, tiang ini nantinya digunakan untuk pemasangan kerangka atap. Jadi memasuki bulan agustus, kita sudah bisa mengerjakan bangun ruang, doakan saja semoga lancar kembali, dan terhindar dari aral yang melintang,” jelasnya.

Pembangunan dome ini, diproyeksikan sebagai gedung serba guna. Sehingga dapat menjadi aset wakaf yang produktif, khusunya dalam wakaf sarana dasar pendidikan dan sarana dakwah di Eco Pesantren DT.

(Sukmara Galih)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *