Dome Eco Pesantren DT Diprediksi Rampung Januari 2020

Gedung Serba Guna (GSG) Pendidikan atau Dome, merupakan salah satu aset wakaf yang sedang mengalami proses pembanguanan di Kawasan Eco Pesantren Daarut Tauhiid (DT). Lokasinya diapit oleh Daarus Sunnah di sebelah utara, dan SMK Daarut Tauhiid Boarding School di sebelah selatan. Kawasan Eco Pesantren sendiri beralamat di Kampung Pangsor, RT.03/RW.07 Desa Cigugur Girang, kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.

Pengerjaannya kini memasuki tahap pengecoran anak tangga, pengecoran kolom tiang lantai dua, dan pemasangan ringbalk beton lantai dua. Adapun pekerja yang terlibat dalam pengerjaan tersebut sebnyak 30 orang. Khusus dalam pengecoran, para pekerja menggunakan teknik manual yang dibantu dengan mesin mixer kecil bertenaga diesel.

Dede Suhendar, Pengawas dan Perencanaan Pembangunan Dome di Eco Pesantren DT menyampaikan, pembangunan Gedung Serbaguna Pendidikan (GSG), direncanakan akan selesai Bulan Januari 2020, dan optimalnya pada bulan Februari. Waktu tersebut mundur dari perencanaan awal, yaitu Desember 2019. Ia mengungkapkan, hal itu karena ada kendala, seperti bahan material yang telat datang dan jumlah pegawai yang kurang maksimal.

“Hari ini para pekerja sedang melakukan pengecoran anak tangga yang di depan Gedung. Kalau anak tangga yang di belakang sedang dikerjakan dari seminggu yang lalu. Selain itu para pekerja sedang melakukan pemasangan ringbalk beton di lantai dua, yang nantinya juga akan kita cor, termasuk kolom-kolom tiang di lantai dua,” ungkapnya pada Rabu (23/10).

Ia juga menyampaikan, Bulan November mendatang akan difokuskan pada pengerjaan di lantai dua. “Setelah jadi ringbalk di lantai dua, dilanjutkan dengan memasak kerangka baja untuk menyangga atap gedung, dan untuk lantai dua akan dikerjakan sepanjang November, karena untuk kontruksi bangunan kita sudah mencapai 70%,” jelasnya.
(Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *