Hikmah Dari Mengkonsumsi Madu

Salah satu kebiasaan Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam yang perlu kita ketahui dan diikuti adalah kebiasan Nabi meminum madu. Mengkonsumsi madu merupakan salah satu cara Rasullulah Shalallahu ‘alaihi wasallam menjaga kesehatannya, ketika bangun tidur Nabi selalu mengambil madu.

Cara Rasul minum madu mungkin berbeda dengan kita, kebanyakan kita mungkin minum madu yang sudah dicairkan dengan air, namun Nabi mengambil madu lalu mengulum di mulutnya hingga lumer ketika bercampur dengan air liur. Madu dikenal sebagai salah satu zat herbal dengan banyak khasiat. Madu memiliki berbagai manfaat baik untuk kesehatan. Selain itu, madu juga bisa menjadi pilihan untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengandung banyak nutrisi.

Dalam Al Quran surat An-Nahl ayat 68 – 69 Allah Ta’ala berfirman:

وَأَوۡحَىٰ رَبُّكَ إِلَى ٱلنَّحۡلِ أَنِ ٱتَّخِذِى مِنَ ٱلۡجِبَالِ بُيُوتً۬ا وَمِنَ ٱلشَّجَرِ وَمِمَّا يَعۡرِشُونَ (٦٨) ثُمَّ كُلِى مِن كُلِّ ٱلثَّمَرَٲتِ فَٱسۡلُكِى سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلاً۬‌ۚ يَخۡرُجُ مِنۢ بُطُونِهَا شَرَابٌ۬ مُّخۡتَلِفٌ أَلۡوَٲنُهُ ۥ فِيهِ شِفَآءٌ۬ لِّلنَّاسِ‌ۗ إِنَّ فِى ذَٲلِكَ لَأَيَةً۬ لِّقَوۡمٍ۬ يَتَفَكَّرُونَ (٦٩)

“Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah, “Buatlah sarang di gunung-gunung, di pohon-pohon kayu, dan di tempat-tempat yang dibikin manusia [68], kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir [69].

Dalam Hadist riwayat Imam Bukhari yang lain, madu juga dinyatakan sebagai “Penyembuhan bisa melalui tiga macam yaitu bekam, minum madu, atau membakar dengan api. Dan aku melarang umatku membakar dengan api.” Riwayat lain mengatakan Rasulullah bersabda “Barang siapa yang meminum madu tiga tegukan setiap bulannya, dia tidak akan terkena bala yang besar.” (HR. Ibnu Majah).

Dari banyaknya khasiat atau manfaat madu, diantaranya madu dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Madu kaya akan enzim yang mengandung vitamin dan mineral, kandungan tersebut punya peran penting untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat. Kemudian, rajin minum madu setiap pagi bisa mengurangi resiko penyakit jantung, karena madu mengandung flavonoid dan antioksidan yang bisa menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol itulah yang jadi penyebab serangan jantung dan stroke. Wallahu a’lam bishowab.

(Shabirin)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *