Hikmah Kunjungan ke Swiss

Saudaraku, alhamdulillah beberapa waktu lalu Allah SWT mengizinkan Aa mengunjungi salah satu negara ciptaan-Nya yang masya Allah luar biasa. Mengapa luar biasa?

Pertama, Swiss adalah negara kecil tetapi mengutamakan quality first yakni membangun kredibilitas dengan mengutamakan kualitas di semua bidang kehidupan. Selain itu, Swiss selalu menggunakan standar tinggi.

Ini menarik karena sejatinya Islam pun selalu mengajarkan kualitas. Idealnya kita sebagai umat Islam membuat segala sesuatu yang berkualitas. Daarut Tauhiid (DT) harus siap akan memasuki fase mengutamakan kualitas di setiap unitnya.

Perlu diketahui oleh para sahabatku sekalian, di DT sendiri telah ada konsep 5 Mu, yang merupakan singkatan dari:

  1. Mutu artinya berkualitas.
  2. Murah artinya tidak mengambil untung berlebihan.
  3. Mudah artinya user friendly bagi semua orang.
  4. Mutakhir artinya produk harus selalu update.
  5. Multi manfaat artinya semakin banyak manfaatnya, maka semakin bagus.

Kedua, Swiss tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA), tetapi fokus mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM). Pendidikan di Swiss mampu melahirkan generasi-generasi yang ahli di bidangnya masing-masing. Swiss mampu mencetak SDM berkualitas, yakni SDM yang mampu membuat nilai tambah.

Ketiga, Swiss adalah negara dengan panorama yang sangat indah, bersih, hijau, dan tertata rapi. Baik itu di rumah-rumahnya, di jalan, di pegunungan, kampung maupun kotanya. Swiss merupakan negara yang memiliki investasi untuk keindahan alamnya.

Empat, Swiss adalah negara yang menerapkan self service dan kejujuran. Mulai dari pertokoan atau warung, hingga transportasi semua menerapkannya. Sehingga siapa pun merasa aman dan nyaman, karena kejujuran menjadi pilar kehormatan.

Swiss adalah negara ciptaan Allah SWT. Ia yang mengurus Swiss. Aa berharap kepada Allah, semoga di DT bisa memperindah keindahan lingkungan sekitarnya, baik di tempat kerja, taman, kantor, masjid, maupun pesantren. Sehingga menjadi contoh jika nilai-nilai Islam benar-benar ditegakkan, maka akan sangat indah.

Semoga dengan kunjungan Aa ke Swiss ini bisa menjadi implikasi bagi DT dengan:

  1. Meningkatkan kualitas produk atau jasa di setiap unitnya.
  2. Meningkatkan keindahan lingkungan sekitar DT dan tidak ragu memberikan investasi dengan keindahan tersebut.
  3. Meningkatkan kejujuran, karena bila kita jujur akan mujur dan bila tidak jujur akan hancur.

Semoga bermanfaat bagi siapa pun yang menyimak dan menjadi tambahan ilmu bagi yang belum pernah ke Swiss. Aamiin. (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *