Isi Libur Ramadan, Santri SMA DTBS Jadi Fasilitator Sanlat

Program Pesantren Kilat (Sanlat) yang digelar oleh Duta Transformasi Insani (DT), di Aula Daarul Hajj Daarut Tauhiid (DT), melibatkan Hafrizal, Santri SMA DTBS. Pada kesempatan tersebut, Hafrizal bertugas sebagai Fasilitator Sanlat Tingkat SD, kelas satu, dua, dan tiga.

Ia mengajarkan peserta sanlat perihal salat, zikir, menutup aurat, dan kebaikan lainnya. “Pesantren kilat ini digelar sebagai pelajaran tambahan yang sangat baik dari sisi akidah. Sepuluh  anak dalam setiap kelompoknya, dan dua fasilitator di setiap kelompoknya,” kata Hafrizal.

Ia mengungkapkan, perserta sanlat juga diajarkan tentang adab-adab saat makan, dan melakukan pembiasaan TSP (Tahan buang sampah sembarangan, Simpan sampah pada tempatnya, Pungut sampah insyaalah sedekah), salat tarawih, dan lain-lain. Kegiatan tersebut banyak dilakukan di Aula Daarul Hajj, dan area penginapan peserta.

Menurutnya, banyak peserta yang masih belum terbiasa dengan budaya-budaya yang ada di DT. Walau demikian, mereka tetap bersemangat mengikuti semua rangkaian kegiatan sanlat. Mereka berasal dari berbagai daerah, seperti Karawang, Bekasi, dan Kota Bandung.

Terakhir, Hafrizal pun mengungkapkan kesannya menjadi fasilitator sanlat. “Ada hikmah saat menjadi fasilitator selama pesantren kilat ini, yaitu harus penuh kesabaran dan adaptasi mengajar anak-anak yang masih duduk di SD kelas satu, dua, dan tiga,” ungkapnya. (Toni Antonius)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *