Jalani Masa Orientasi, Santri DQ Kenali Budaya DT

Program Dauroh Qolbiah (DQ) Daarut Tauhiid (DT), mulai melaksanakan orientasi bagi santri baru angkatan ke-79. Program ini diminati oleh masyarakat, walaupun pelaksanaannya hanya satu bulan. Terbukti, peserta yang mendaftar di program ini selalu mengalami peningkatan.

Menurut Nina, salah seorang musrifah DQ, santri baru angkatan 79 ini sebanyak 47 santri. Terdiri dari 29 santri akhwat (perempuan) dan 18 santri ikhwan (laki-laki). Menurut Nina, dibandingkan dengan angkatan sebelumnya, angkatan ke 79 dapat dikatakan lebih muda usianya. Mayoritas aktifitas santri ialah mahasiswa, usia 20 hingga 30 tahun.

“Program DQ kan usianya dibatasi, dari 17 sampai 40 tahun. Alhamdulillah, angkatan ini lebih banyak yang masih muda ,dibandingkan dengan angkatan kemaren. Jadi lebih berenergi. Santri DQ angkatan kemarenrata-rata ibu-ibu yang usianya sudah mencapai 30 sampai 40 tahun,” ujar Nina.

Nina menjelaskan, masa orientasi akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni dari Kamis (1/3) hingga Sabtu (3/3). Di dalam pelaksanaa orientasi, DQ berkerjasama dengan Santri Siap Guna (SSG) DT untuk mengenalkan budaya-budaya yang ada di DT. Seperti BRTT (Bersih, Rapi, Tertib, Teratur), dan lain sebagainya.

Pada hari kedua orientasi, santri DQ akan dibekali dengan berbagai materi dobrak diri di Dome Sentral Lima. Hal itu  untuk membentuk karakter baik dan kuat (Baku). Seperti materi PBB (pelatihan Baris Berbaris), dan orientasi lapangan ke sungai.

“Di akhir nanti akan ada perintah menggali hikmah dari setiap kegiatan yang dilakukan saat orientasi. Seperti saat menyebrangi sungai, hikmah apa saja yang mereka dapatkan saat disungai, dan lain sebagainya. Jadi segala sesuatunya harus kita kaitkan dengan Allah, sehingga menambah tauhid kita kepada Allah,” jelas Nina.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *