KBIH DT Gelar Seleksi Calon Karom Gelombang Dua

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Daarut Tauhiid (DT) kembali menggelar seleksi calon Karom (ketua rombongan) jamaah haji. Seleksi calom karom ini merupakan seleksi gelombang kedua, karena seleksi calon karom gelombang pertama sudah dilaksanakan pada Senin (14/10), hingga Rabu (16/10) lalu.

Seleksi calon karom pada gelombang kedua ini, digelar dari Senin (18/11) hingga Rabu (20/11). Adapun tahapan seleksi yang harus ditempuh para peserta calon karom yaitu, memenuhi persyaratan admintrasi, dilanjut mengikuti seleksi tahap pertama, yang tes tulis. Tahap kedua yaitu tes fisik, dan tes kesehatan. Tahap ketiga yaitu tes kemampuan ceramah, membimbing doa, dan menjadi imam. Tahap keempat yaitu wawancara.

Adhy, Staf Program KBIH Daarut Tauhiid mengatakan, seleksi calon karom pada gelombang kedua disesuaikan dengan kebutuhan jumlah karom yang diperlukan KBIH DT. “KBIH DT untuk tahun ini memerlukan sekitar 35 karom, sedangkan pada seleksi calon karom gelombang pertama yang memenuhi kualifikasi hanya 10, jadi masih membutuhkan 25 orang lagi. Adanya seleksi gelombang kedua ini semoga dapat menutupi kekurangannya minimal ada 15 orang,” jelasnya pada Rabu (20/11).

Menurutnya, seleksi calon karom golombang kedua yang diikuti sebanyak 57 orang ini tidak mudah. Pasalnya, harus melalui rapat pleno, dan harus ada pengajuan dari manajemen kepada pengurus KBIH. Jadi tidak semata-mata langsung digelar.

Adhy juga menyampaikan, harapannya untuk karom yang terpilih, tidak hanya hebat dihikmahnya, tapi kuat juga dipemahaman materinya, sehingga dapat menggantikan peran pembimbing dalam ibadah haji, karena untuk keberangkatan haji sekarang bersifat zonasi. Jadi peran pembimbing di zonasi dapat dibimbing langsung oleh karom. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *