KBIH DT Gelar Seleksi Calon Karom Haji 1441 H

Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Daarut Tauhiid, menggelar pemantapan dan pelatihan bagi ketua rombongan haji (karom). Kegiatan tersebut digelar di Aula Daarul Hajj, samping Kantor KBIH DT, di jalan Gegerkalong Girang No.38, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

Sebelumnya, ada tiga tahapan seleksi yang harus ditempuh para peserta. Setelah memenuhi persyaratan admintrasi, mereka harus mengikuti seleksi pada tahap pertama, yang meliputi tes tulis, tes fisik, dan tes kesehatan. Tahap kedua meliputi tes kamampuan ceramah, tes kemampuan membimbing doa, dan kemampuan menjadi imam. Khusus bagi akhwat, tes pengetahuan hukum-hukum tajwid. Tahap ketiga, yaitu wawancara.

“Alhamdulillah, yang lulus seleksi adalah 70 orang, dari 102 orang pendaftar,” kata Adhy, Staff Front Office dan Program KBIH DT pada Rabu (16/10).

Menurutnya, keberadaan karom sangat penting demi menjaga keutuhan anggota, membantu petugas kloter, dan menyampaikan informasi kepada jamaah. Seorang karom bertanggungjawab pada empat regu, atau 45 orang. “Pada Dzulhijah 1440 H kemarin, KBIH DT berhasil memberangkatkan 287 orang jamaah haji. Membutuhkan 5 hingga 6 orang karom,” tambahnya.

Usai pelatihan, peserta diharapkan dapat menyiapkan diri, menghadapi kemungkinan yang dialami jamaah saat di Tanah Suci. Baik ketika di Arafah, Makkah, maupun selama menjalani masa Arbain di Madinah. “Yang perlu dipersiapkan bagaimana penanganannya berdasarkan kasus-kasus yang pernah terjadi,” jelasnya. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *