Penyebab dan Perawatan Kulit Berminyak

Kulit wajah Anda jerawatan dan berkomedo? Atau wajah sering terlihat kusam dan mengkilat karena minyak di kulit yang berlebihan? Tentu ini bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri. Apalagi bagi perempuan, kulit berminyak seringkali menjadi halangan ketika hendak berdandan. Karena itu, perawatan kulit berminyak jadi hal wajib untuk dilakukan.

Ada cara mudah untuk merawat kulit berminyak. Tidak perlu menggunakan berbagai krim atau produk kosmetik anti kulit berminyak. Tapi, sebelum mengetahui bagaimana caranya, ada baiknya dipahami terlebih dahulu penyebab timbulnya kulit berminyak. Dengan mengetahui penyebabnya, maka pencegahan pun bisa dilakukan.

Penyebab Kulit Berminyak

Ada beberapa faktor penyebab timbulnya kulit berminyak. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Faktor keturunan.

Jika salah satu atau kedua orangtua Anda memiliki kulit berminyak, maka hampir dipastikan Anda pun memiliki jenis kulit serupa. Jenis kulit (berminyak atau jenis lainnya) termasuk sifat genetik yang diwariskan kepada keturunan berikutnya. Faktor ini jelas tidak bisa dihindari, tapi bisa dikurangi dampak negatifnya dengan perawatan kulit berminyak yang tepat.

  • Ketidakseimbangan hormon.

Faktor ini lazimnya terjadi saat seseorang memasuki masa pubertas. Yang mana membuat produksi hormon terkait minyak di kulit menjadi berlebihan. Kondisi serupa juga dapat dialami oleh perempuan dewasa saat menjelang atau sedang menstruasi. Pola hidup yang seimbang, yakni pola makan, olahraga, dan istirahat yang proporsional, diyakini bisa mengatasi ketidakseimbangan hormon tersebut.

  • Faktor mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.

Makanan berlemak diketahui tidak hanya menimbulkan berbagai penyakit serius dan berbahaya, tapi juga memicu produktifitas minyak di kulit wajah secara berlebihan. Kurangi mengonsumsi makanan berlemak dapat jadi solusinya.

  • Faktor kesalahan penggunaan produk kosmetik.

Tidak semua jenis kosmetik yang dijual di pasaran itu aman dan sehat bagi kulit. Jika tidak cermat dan teliti, dampaknya membuat kulit wajah menjadi sensitif, iritasi, dan minyak berlebih.

Perawatan Kulit Berminyak
Ada dua kiat mudah merawat kulit berminyak. Pertama, kiat yang berhubungan dengan kebiasaan sehari-hari. Adapun kiat kedua, yakni terkait penggunaan bahan-bahan alami untuk mengurangi dampak dari kulit berminyak.

  • Kiat pertama.

Kebiasaan mencuci muka dengan sabun mandi amat penting dilakukan. Tapi jangan berlebihan, cukup 2x sehari. Lalu, kebiasaan minum air putih minimal 2 liter (8 gelas) per hari. Selain itu, sering membasuh muka setelah beraktifitas di luar dengan air hangat bercampur garam juga baik untuk sering dilakukan.

  • Kiat kedua.

Ada tiga bahan alami yang lazim digunakan untuk perawatan kulit berminyak. Yakni putih telur, buah tomat/timun/kentang, dan daun seledri. Untuk putih telur, gunakan sebagai masker. Untuk tomat/timun/kentang (pilih salah satunya), diiris dan usapkan ke wajah hingga kering. Sedangkan daun seledri, dibuat air rebusannya. Setelah agak dingin, oleskan ke wajah secara rutin.

Semoga dengan mengetahui penyebab dan cara perawatan kulit berminyak, Anda tidak lagi perlu risau. Punya kulit berminyak pun bukan menjadi masalah. (daaruttauhiid)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *