Konsep BRTT Bantu Petugas Kebersihan Masjid DT

Masjid Daarut Tauhiid (DT) Bandung selalu menjadi sumber ilmu bagi seluruh umat. Bahkan, jika sedang digelar kajian, masjid selalu dipadati jamaah. Banyak jamaah memuji pengelolaan masjid yang membuat jamaah nyaman ketika beribadah di dalamnya. Apalagi lokasi Masjid DT berada di kawasan perkotaan Bandung, Jalan Gegerkalong Girang No.38.

Menurut Angga, Santri Karya GSP (global solution provider) DT, pembersihan masjid dilakukan setiap pagi. Diawali dengan pengambilan sampah yang ada di sekitaran masjid, dilanjutkan dengan pembersihan karpet menggunakan vacum cleaner. Area di lantai dasar, lantai satu, dan lantai dua dilakukan pembersihan secara menyeluruh.

Alhamdulillah selama pembersihan yang dilakukan di Masjid DT, tidak ada kendala, dan selalu diberikan kemudahan. Biasanya sebelum membersihkan toilet dan tempat wudu, kita semua melakukan salat dhuha, ada juga yang melaksanakan sarapan pagi. Baru setelah itu biasanya petugas langsung membersihkan toilet dan tempat wudhu dengan bersama-sama,” katanya pada Rabu (26/6).

Ia menambahkan, karena di Pesantren DT selalu ditanamkan BRTT (bersih, rapih, tertib, dan teratur), maka jamaah yang datang ke Masjid DT selalu disiplin dalam masalah kebersihan. “Konsep tersebut selalu ditegaskan oleh Aa Gym (Pimpinan Ponpes DT). Alhamdulillah jadi meringankan petugas kebersihan.. Di Masjid DT itu tidak hanya bersih, tapi bisa rapih, tertib, dan teratur,” paparnya.

Menurutnya, banyak jamaah memuji kebersihan yang ada di seputar DT dan masjidnya. Apalagi dengan aroma wangi yang ditimbulkan dari karpet masjid yang begitu luar biasa, karena petugas selalu memberikan pewangi pada karpet, sebelum waktu salat tiba. (Yuga Hassani)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *