Mahasiswa STAI DT Ikuti Workshop Literasi Wakaf Kemenag Kanwil Jawa Barat

Dua mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Daarut Tauhiid (DT) pada Senin (9/11) menghadiri undangan dari Kemenag Kanwil Jawa Barat dalam acara Workshop Literasi Wakaf. Mahasiswa perwakilan STAI DT itu memperoleh wawasan baru mengenai berbagai hal terkait wakaf.

Hal ini disampaikan Encep Mahdi Hidayat. Menurut dosen Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES) itu, materi workshop seputar perkembangan perwakafan beserta permasalahan dan berbagai polemiknya. Lebih spesifik lagi mengenai kondisi aset wakaf, regulasi dan perkembangan aset wakaf produktif, khususnya yang berada di Jawa Barat.

Encep juga menyampaikan materi workshop sangat erat kaitannya dengan materi perkuliahan di Prodi HES STAI DT, yakni mata kuliah Hukum Ziswaf.

“Jika di perkuliahan hanya disajikan secara teori tanpa tahu lebih detail masalah-masalah yang dihadapi di lapangan, maka di workshop ini disajikan hal-hal riil mengenai perwakafan,” kata Encep.

Selama kegiatan berlangsung, peserta bisa secara langsung bertanya dan berdiskusi dengan para pelaku dan pegiat perwakafan di Jawa Barat. Mulai dari unsur Pejabat Pembuat Akta Ikrar Wakaf, Badan Wakaf Indonesia Provinsi Jawa barat, dan berinteraksi langsung dengan para nazhir wakaf, baik itu nazhir perorangan atau badan hukum dan organisasi.

Harapannya setelah kegiatan ini, perwakilan mahasiswa STAI DT bisa memberikan pengalaman, pengetahuan dan ilmu yang didapatkan selama workshop kepada mahasiswa lain yang tidak mengikutinya. (Caca)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *