Manfaat Aset Wakaf Pendidikan Pesantren

Di tengah hijaunya aset wakaf DT, tampak sekelompok siswi SMA Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri dengan mengenakan syal berwarna pink. Mereka memanfaatkan aset wakaf Dome Sentral Lima sebagai sarana belajar. Salah satu keistimewaan aset wakaf Dome Sentral Lima, bukan hanya berfungsi sebagai lapangan olahraga futsal. Berbagai kegiatan sosial dan pendidikan juga kerap dilakukan di aset wakaf tersebut.

Dome Sentral Lima merupakan aset wakaf DT yang menjadi pusat setiap kegiatan di DT. Sarah, sebagai salah seorang guru di SMA DTBS Putri, mengaku merasa terbantu dengan adanya Dome Sentral Lima, dalam memudahkan proses mengajarnya sebagai guru olah raga. Selain luas, aset wakaf berupa lapangan ini juga memiliki atap, sehingga tidak khawatir kepanasan dan kehujanan.

“Pelajaran olah raga saya ini kan siang. Terlalu panas juga kalau dilakukan di lapangan. Tapi Alhamdulillah ada Dome ini jadi tetap semangat belajar meskipun siang hari,” ujar Sarah.

Kemakmuran aset wakaf DT sudah tidak diragukan lagi. Nurhadi, Santri Karya DT juga menyampaikan, sejak dibangun Dome Sentral Lima oleh Lembaga Wakaf DT, beberapa kegiatan menjadi terkontrol dengan mudah. Hal ini tentu memberikan pengaruh terhadap perkembangan pesantren DT.

Menurutnya, setiap aset wakaf DT memiliki kelebihan masing-masing, baik aset wakaf sosial maupun aset wakaf produktif. Setiap kegiatan positif yang dilakukan di aset wakaf akan memberikan manfaat kepada pemakainya maupun pewakafnya. Artinya dengan wakaf, maka akan saling menguntungkan.  (Ernawati)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *