Manfaat Lebih Luas dengan Program Wakaf Umum

Wakaf umum merupakan program wakaf yang pemanfaatannya digunakan untuk perawatan atau pengelolaan aset wakaf yang sudah ada. Misalnya, penggantian komponen-komponen bangunan aset wakaf yang sudah perlu diganti.

Salah satu program unggulan Wakaf Daarut Tauhiid (DT) di 2018 ini adalah Program Wakaf Umum. Melalui program ini, muwakif (pewakaf) dapat semakin leluasa berwakaf. Tidak seperti wakaf lainnya, wakaf umum dapat dimanfaatkan lebih luas.

Agus Kurniawan, Direktur Fundraising Wakaf DT mengatakan, wakaf umum merupakan program wakaf yang pemanfaatannya digunakan untuk perawatan atau pengelolaan aset wakaf yang sudah ada. Misalnya, penggantian komponen-komponen bangunan aset wakaf yang sudah perlu diganti. Menurutnya, wakaf umum juga bisa dimanfaatkan untuk mendukung program wakaf yang sedang berlangsung.

“Walau demikian, pemanfaatan wakaf umum harus tetap dalam koridor wakaf yang berlaku. Ada pun kelebihan lain dari wakaf umum yaitu dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan sarana pendidikan, dakwah dan sosial,” katanya pada Kamis (25/1).

Agus menjelaskan, wakaf umum cenderung menutupi wakaf-wakaf yang lain. Karena akadnya umum, maka wakaf bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

“Misalnya maintenance aset-aset wakaf yang ada, seperti perbaikan Dome Central lima beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Masyarakat juga tidak usah khawatir. Jika masih bingung mengalokasikan wakafnya untuk apa, maka wakaf umum dapat menjadi pilihan, karena wakaf umum bersifat fleksibel dan dapat digunakan untuk program apa saja.

“Sebagian wakaf umum juga bisa masuk ke wakaf produktif, wakaf masjid, dan yang lainnya bergantung pada kebutuhan,” kata Agus.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *