Mari Ikut Donor Darah Bersama DT Peduli!

Setelah dua pekan lalu Daarut Tauhiid (DT) Peduli sukses menggelar aksi donor darah, dan berhasil mendapat 135 pendonor. Kegiatan donor darah akan kembali digelar pada Jumat (23/8) mendatang.

Lokasi kegiatan yaitu di Gedung SMK DTBS Putri, Jalan Gegerkalong Girang, Komplek Setiabudi Indah, Kav. 25-26, Kota Bandung. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Program Kemanusiaan Yayasan Pemberdayaan Ummat Daarut Tauhiid (DT Berdaya), dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung.

Andri Adi, Penanggungjawab dalam kegiatan tersebut, mengatakan, tujuan kegiatan ialah untuk meningkatkan kepedulian pada sesama yang membutuhkan, dan memenuhi ketersediaan kantong darah di unit transfusi darah PMI Kota Bandung.

“Rencananya DT Peduli akan menggelar aksi donor darah lagi, yang pelaksanaannya bekerjasama dengan DT Berdaya, SSG DT, dan PMI Kota Bandung. Aksi donor darah waktu Jumat lalu terhambat dengan keterbatasan waktu acara. Jadi akan kami selengarakan kembali aksi donor darah tersebut, dan semoga kembali berjalan lancar,” tuturnya pada Rabu (21/8).

Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk menggikuti kegiatan donor darah. Syarat-syarat yang harus dimiliki ada empat. Pertama, sehat jasmani. Usianya 17 sampai 60 tahun, dengan berat badan minimal 45 kg, dan tidak sedang demam. Selain itu juga diharuskan memiliki tanda vital (tekanan darah dan nadi) yang ada dalam batas normal.

Kedua, makan dan minum. Hindari donor darah dalam keadaan perut kosong. Perbanyak konsumsi makanan tinggi zat besi seperti daging merah, ikan, ayam, dan bayam untuk menjaga kadar sehat besi dalam darah. Perbanyak juga asupan cairan sebelum hari pendonoran.

Ketiga, hindari aktivitas fisik berat sebelum hari pendonoran, seperti olahraga angkat beban.
Kempat, tidur yang cukup. Sangat direkomendasikan untuk tidur selama tujuh sampai sembilan jam di malam sebelum hari pendonoran. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu tubuh lebih segar, dan mengurangi risiko lemas atau pusing setelah selesai donor darah.

Kegiatan donor darah ini diselenggarakan secara garatis. Tersedia juga layanan pemeriksaan kesehatan seperti, cek kolesterol, cek gula darah, dan cek asam urat. Bagi sahabat yang tertarik untuk mendonorkan darahnya, silakan dating langsung ke lokasi, dan usahakan datang tepat waktu. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *