Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Salah satu manfaat adanya perencanaan keuangan adalah dapat mempersiapkan dana untuk pengeluaran yang hampir pasti dikeluarkan pada masa yang akan datang. Bila kita diberi amanah umur panjang, maka persiapan yang perlu dilakukan adalah persiapan pensiun kita. Pada saat pensiun, penghasilan tidak ada namun pengeluaran tetap harus ada. Sehingga pada saat ini, saat kita masih memiliki penghasilan, kita harus menyisihkan sebagian pendapatan kita agar dapat digunakan pada saat kita tidak berpenghasilan.

Dana pensiun sebenarnya bukan monopoli pegawai negeri, pegawai swasta , bahkan seorang wirausahawan pun dapat memiliki dana pensiun. Cara pertama adalah dengan bergabung pada lembaga keuangan yang menyelenggarakan Dana Pensiun Lembaga Keuangan atau perusahaan asuransi yang menyelenggarakan program sejenis. Bila kita mengikuti program itu, maka kita menyisihkan dana kepada lembaga itu dan mengambilnya pada waktu yang kita rencanakan, yakni waktu di mana kita telah pensiun.

Cara yang lain adalah secara mandiri. Secara sederhana, program dana pensiun mandiri adalah menabung secara berkesinambungan, dan tidak pernah mengambilnya kecuali pada waktu yang kita rencanakan, yakni saat kita pensiun. Dengan demikian kunci sukses mempersiapkan dana pensiun kita adalah berdisiplin menabung. Kunci sukses yang kedua adalah bersegera. Tidak sedikit yang menyangka bahwa persiapan pensiun adalah di usia senja. Padahal yang terbaik adalah sesegera mungkin kita mempersiapkan pensiun kita. Manakala kita telah menabung sejak dini untuk pensiun kita maka dana yang kita simpan akan lebih memadai atau dana yang perlu kita tabung secara rutin lebih kecil dibandingkan dengan bila kita menundanya.

Dengan memulai lebih awal, keperluan dana untuk disisihkan tiap bulan atau tahun akan lebih sedikit dan memerlukan tingkat pertumbuhan yang terlalu tinggi untuk mencapai jumlah dana yang diinginkan karena jangka waktu yang relatif cukup panjang. Selain itu, hal ini akan pula memberikan waktu yang cukup untuk merevisi portofolio investasi apabila terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan investasi dana yang telah terkumpul.

Sebaliknya apabila jangka waktu mengumpulkan terlalu pendek, maka dana yang harus disisihkan untuk mencapai jumlah dana yang sama, akan jauh lebih mahal dan diperlukan pula tingkat pertumbuhan yang lebih tinggi yang secara otomatis akan diikuti pula dengan kenaikan tingkat resiko.

Jadi memulai lebih awal akan bermanfaat, yaitu dapat menikmati hasil dari investasi lebih besar dan lebih lama, mengevaluasi beberapa alternatif instrumen investasi untuk mendapatkan dana pensiun yang diinginkan, dan meninjau ulang investasi yang anda lakukan karena kerugian yang terjadi sebelumnya. (Iwan Rudi Saktiawan)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *