Metode Belajar Online & Blended Learning

Guru dituntut untuk dapat menyampaikan pelajaran kepada siswa. Agar dapat menyampaikan pelajaran yang efektif dan efisien, guru perlu mengenal tentang strategi pembelajaran terutama pada masa pandemi ini.

Sebelum terjadi pandemi, pembelajaran biasanya dilangsungkan face-to-face dan sekarang online learning. Perubahan ini memberikan tantangan yang tidak sedikit bagi semua pihak baik guru maupun para siswa. Ini membuat guru harus mengenal lebih dekat tentang strategi pembelajaran dalam online learning.

Sebagai langkah adaptif, SMP Adzkia Islamic School mengadakan Pelatihan Strategi Pembelajaran Online dan Blended Learning bersama Sari Trisnaningsih, M.Ed. pada Rabu (28/4) secara daring. Perempuan yang baru saja lulus dari studi Magister di Monash University, Australia ini memaparkan empat metode dasar dalam Online dan Blended Learning, sebagai berikut.

Workbook

Workbook merupakan tempat di mana aktivitas-aktivitas yang telah diorganisasikan untuk dapat dipraktikan. Di dalamnya terdapat materi dan latihan-latihannya.

“Bagaimana mentransfer ke workbook ke online dan blended learning? Pertama, batasi hanya transfer pengetahuan biasa seminimal mungkin. Kemudian, buatlah latihan-latihan dari yang mudah ke sulit sesuai kompetensi. Terakhir, buatlah latihan yang interaktif, menarik, dan menyenangkan secara virtual,” jelas Sari.

 

Tour

Metode tour ini mengunjungi tempat dapat membantu siswa dalam membangun konteks pada informasi yang telah mereka pelajari. Seorang guru dapat membuat tur virtual di sekitar tempat yang direkomendasikan di web, siswa berperan sebagai turis. Kemudian, mintalah siswa untuk mencari informasi tambahan dan merefleksikan temuannya dalam forum diskusi.  

 

Repetition

Repetition/pengulangan adalah metode yang sering digunakan untuk mengingat informasi. Cara yang dapat dilakukan seorang guru dengan metode ini yaitu membagi materi ke beberapa bagian; buat kuis penguat yang mengulangi informasi penting dari bagian sebelumnya. Selain itu, guru dapat juga menyediakan media pembelajaran alternatif seperti: checklist, gambar, peta konsep, dll.

Note-taking

Metode ini membuat catatan dapat membantu siswa mengingat informasi utama dari pembelajaran melalui diskusi maupun presentasi. Mintalah siswa membuat catatan dengan topik dalam bentuk apapun 

Kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir dan hilang dari muka bumi. Seorang guru harus terus dapat menjadi pribadi yang adaptif, selalu mau belajar hal baru, dari perubahan dan tantangan zaman. Online dan Blended Learning kemungkinan besar akan tetap ada dan terus berkembang di masa depan. (Mega)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *