Nasihat Sandiaga Uno di Pernikahan Putri Aa Gym

Pernikahan Ghefira Nur Fatimah, Putri dari KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym), dengan Abdul Madjid Alzindani, Putra dari Ustaz Deni Trisnahadi (Abu Syauqi), pada Ahad (5/5), dihadiri oleh banyak tokoh nasional. Mulai dari KH. Miftah Faridh sebagai pemberi khutbah nikah, Oded. M. Danial, Walikota Bandung, Ahmad Heryawan, Mantan Gubernur Jawa Barat, hingga Sandiaga Salahudin Uno, Calon Wakil Presiden Republik Indonesia.

Di hadapan keluarga besar kedua mempelai, beserta tamu undangan yang hadir, Sandi Uno menyampaikan nasihatnya untuk Ghefira dan Alzindani. “Saya kaget nih. Saya kenal Alzindani dan Ghefira dari kecil, alhamdulillah mereka ternyata berjodoh. Tapi Abu Syauqi nya mah cicing wae ga ngasih tau. Taunya mah dari Aa waktu kemarin di tanah suci,” tuturnya mengawali pembicaraan.

Ada empat hal yang Sandi sampaikan perihal pernikahan. “Dari perspetif milenial, saya akan menyampaikan tentang management pengelolaan rumah tangga. Pertama, preparation, atau kesiapan. Bagaimana kita menentukan langkah-langkah selanjutnya. Dua menjadi satu. Sekarang sudah menikah, ini harus ada trust, kepercayaan, diskusi, rencanankan langkah-langkah ke depan secara bersama. Rencana yang bisa dipegang dan dieksekusi bersama-sama,” tuturnya.

Kedua, teamwork. Katanya, setelah menikah, pasangan tidak lagi kerja sendiri-sendiri. “Sekarang semuanya harus dalam management kebersamaan. Banyak sekali pasangan yang sukses jika mereka bekerja sama,” lanjutnya.

Ketiga, speed / kecepatan dalam berbuat kebaikan. “Dalam pernikahan, kita tidak lagi melihat siapa yang salah, siapa yang benar. Tapi siapa yang duluan meminta maaf, karena pasti ada kesalahan. Satu sama lain siapa yang paling duluan bilang I love you. Bangun pagi lihat kiri, ada Ghefira, I love you sayang,” katanya, kemudian disambut dengan gelak tawa dari semua yang hadir.

Keempat, endurance, yaitu daya tahan atau nafas panjang. “Jangan hanya di tahun-tahun pertama kemesraan itu. Tapi terus berlanjut hingga ke surga. Alhamdulillah sekarang Aa Gym dan Abu Syauqi  sudah jadi keluarga besar. Semoga Ghefira dan Alzindani rumah tangganya sakinah, mawadah, wa rahmah,” paparnya. (Cristi Az-Zahra)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *