Pembinaan Murabbi Dan Murabbiah SMP Adzkia Islamic School

Setelah resmi menjadi Sekolah Kader Daarut Tauhiid, SMP Adzkia Islamic School terus berikhtiar mempersiapkan diri untuk menyiapkan kader-kader terbaik melalui program pembinaan halaqah bersama murabbi/ah di setiap akhir pekan.

Murabbi sebenarnya memiliki peran yang sangat signifikan dalam membina dan membentuk karakter kader binaannya. Secara umum, sosok murabbi yang ideal adalah yang bisa menjadi sosok seorang ayah yang mengayomi, seorang guru yang mengajarkan ilmu, seorang sahabat sejati, dan juga seorang pimpinan.

Agar sebuah halaqah dapat sukses dalam menjalankan perannya, maka SMP Adzkia Islamic School menggelar kegiatan pembinaan bagi para murabbi/ah yang terdiri dari beberapa dewan assatidz internal pada Sabtu (24/4), bersama Direktur MSiM Mentoring Consulting, Ustaz Abdul Malik melalui zoom meeting.

Mengusung tema Spirit Membina Generasi Baik dan Kuat, Ustaz Malik menyampaikan bahwa sebagai murabbi/ah ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam membina kader. Pertama, senantiasa selalu bersabar karena menghasilkan akhlak mulia santri tidak instan butuh proses yang panjang.

Kedua, tidak baper (bawa perasaan) dan lantas meninggalkan. Perlu ditanamkan pada diri sebagai murabbi/ah, saat santri melakukan kesalahan kondisinya mereka belum mengetahuinya. Mereka masih dalam tahap belajar.  

Terakhir, usahakan untuk mengalah terlebih dahulu atas perilaku yang diberikan santri kepada kita,  agar kita bisa memahami kondisi dan perasaan yang dimilikinya karena dengan lambat laun santri tersebut akan merasa nyaman dengan kita. 

“Jangan tunggu sempurna untuk mulai menjadi murabbi, karena yang terpenting adalah senantiasa belajar dan memperbaiki diri,” pungkasnya di akhir sesi kegiatan kepada para peserta. (Mega)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *