PG Khas DT Gelar Tes Potensi Anak dan Orientasi Orangtua Siswa

Masa orientasi tidak hanya diberlakukan pada siswa baru. Di Play Goup dan Tk Khas Daarut Tauhiid (DT), masa orientasi diberlakukan juga kepada orangtua anak. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini, diisi dengan sharing cara mendidik anak, serta pengenalan sekolah dan Budaya DT.

Hal tersebut diungkapkan oleh Risti Rahmawati, PJS Kurikulum dan Kesiswaan PG dan TK Khas DT. “Acara hari ini merupakan acara orientasi orangtua, sebagai media pengenalan sekolah kepada orangtua siswa baru. Jadi di sini dijelaskan sejarah TK Daarut Tauhiid, Visi Misi, kemudian penjelasan mengenai kerjasama antara orangtua dan TK, guna tercapainya pandangan yang sama sesuai visi dan misinya TK,” ungkapnya, pada Kamis (11/7).

Orangtua siwa yang menghadiri masa orientasi tersebut sebanyak 60 orang, mewakili 60 siswa baru.  Ada yang datang lengkap Ibu dan Ayahnya, adapula yang datang ibunya saja atau  ayahnya saja. Pada kesempatan tersebut, KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym) menyampaikan pesannya melalui video streaming. “Mendidik anak, orangtuanya harus belajar terlebih dahulu. Ketika ingin anaknya jadi penyabar, orangtuanya harus sabar dalam mendidiknya,” katanya.

Wiwi, Direktur Pendidikan DT, juga menyampaikan pesannya kepada orangtua siswa PG dan TK Khas DT. “Bapak Ibu, dalam mendidik anak, harus memilik sikap TITIP (Tega, Ikhlas, Tawakal, Ikhtiar, dan Percaya). Khususnya, percayakan anak bapak ibu, kepada para pengajarnya di lembaga pendidikan, dengan adanya kerjasama di rumah,” jelasnya.

Selain kegiatan orientasi bagi orangtua, Play Group dn TK khas DT, melalukan tes potensi dini kepada  kepada siswa baru. Tujuannya ialah untuk mengetahui potret anak awal masuk TK DT, sebagai persiapan guru dalam memberikan situmulus berikutnya. Melihat hasil tes tersebut, guru dapat mengetahui potensi anak, dan tahu yang harus diberikan, sehingga anak tersebut cepat berkembang psikomotoriknya. (Sukmara Galih)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *