Program Dauroh Qolbiah, Program yang Sangat Diminati

Tidak terasa Program Pesantren Dauroh Qolbiah (DQ) Daarut Tauhiid (DT) kini sudah memasuki angkatan ke-76. Program pesantren satu bulan ini memang diminati olah masyarakat. Karena meskipun waktu yang ditempuh untuk belajar terhitung sebentar, namun ilmu yang didapatkan melimpah. Program ini juga sangat cocok bagi mereka yang cepat merasa jenuh dan memiliki banyak kesibukan, sehingga tidak memiliki waktu yang leluasa untuk belajar.

Program DQ DT juga merupakan program unggulan. Selain hanya dilaksanakan selama satu bulan, metode belajar yang digunakan juga sangat efektif. Karena menggunakan metode pendekatan dan pelatihan yang dikombinasikan dengan metode pembelajaran orang dewasa (andragogy). Tapi tetap berpijak pada materi kepesantrenan sebagai bahan pokok materi pembelajaran maupun ektrakurikuler.

Dede, salah seorang santri DQ dari Cirebon mengatakan, ia merasa puas mengikuti program ini. Meskipun hanya satu bulan, Dede merasa mendapatkan manfaat pembelajaran yang baik dalam menambah ilmu pengetahuan agama, pengembangan karakter, dan peningkatan keterampilan tertentu. Sehingga terasa menyenangkan dan tidak membosankan.

“Tadinya memang pengen belajar di pesantren tapi gak pengen lama-lama. Jadi saya cari-cari di internet. Alhamdulillah dapat Program Pesantren Dauroh Qolbiah ini. Pokoknya puas banget lah, bisa dibilang bintang lima, karena kalau untuk diungkapkan susah. Sampai gak terasa udah pekan terakhir ini,” ujar Dede pada Kamis (15/2).

Hal senada juga diungkapkan oleh Arini, teman Dede. Menjelang satu hari sebelum wisuda yang akan dilaksanakan pada Jumat (16/2), ia mengungkapkan program pesantren satu bulan tersebut dinilai sudah sangat cukup untuk bekal melanjutkan kehidupan setelahnya. Yakni dengan menjadi insan yang lebih baik lagi, terutama dalam hal ibadah kepada Allah SWT.

“Pasti bakal kangen banget dengan suasana seperti ini lagi dengan teman-teman,” ujarnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *