Progres Wakaf Masjid 3 in 1

daaruttauhiid.org – Wakaf Daarut Tauhiid (DT) masih menggulirkan Program Wakaf Masjid 3 in 1 dengan versi berbeda di 2019. Jika sebelumnya, Masjid DT yang dibangun adalah Masjid DT Rahmatan Lil Alamin alias Masjid DT Eco Pesantren, di sepanjang 2019 ini, Masjid Rahmatan Lil Alamin DT Lubuklinggau yang dibangun, beserta dua Masjid DT yang masuk Program Wakaf Masjid 3 in 1 pada 2018 lalu.

Dua Masjid DT tersebut adalah Masjid DT Batam di Jalan Trans Barelang Batam dan Masjid DT Serua di Tangerang Selatan. Kedua masjid yang didesain untuk jadi pusat Islamic Centre itu masing-masing memiliki progres berbeda. Begitupun dengan Masjid DT Rahmatan  DT Lubuklinggau.

Masjid DT Batam

Pembangunan Masjid DT Batam mulai memasuki pengerjaan dinding penahan tanah (DPT) tahap dua. Pekerjaan ini meliputi penyelesaian semua DPT dekat SPBU, Foodcourt, dan DPT masjid sisi lainnya.

Bhekti Triwahyuningtyas, Ketua Tim Monitoring dan Pengendalian Pembangunan (Monpen) DT menjelaskan, pengerjaan DPT ini merupakan pekerjaan lahan batam bukan hanya untuk masjid saja, tetapi keseluruhan siteplan.

“DPT tahap satu sudah selesai dikerjakan, pekerjaan tambahannya juga sudah. Pekerjaan tambah kurang DPT tahap satu itu terkait di volume; volume DPT-nya menambah, sama galian untuk drainase nambah. Kemudian nambah beton daker. Beton daker itu jembatan untuk masuk ke area parkir,” jelas Bhekti DT, Rabu (27/2).

Dari sisi tahap perencanaan, pekerjaan Detailed Engineering Design (DED) hampir rampung. Denah detail dari 3D Masjid DT Batam sudah hampir selesai semua. Kamis (28/1), Tim Monpen, Perencana, dan Panitia Pembangunan Masjid Batam melakukan pembahasan penentuan titik awal pembangunan gedung utama masjid dan letak masjid tepatnya di lahan yang sudah direncanakan.

“Site development masjidnya yang mungkin bisa diubah, DED hampir selesai. RAB nanti kalau gambarnya sudah selesai. Nah, fondasi, tiang pancang, nanti di sana kan udah ada kontraktor, nanti menentukan tiang pancang seberapa jarak yang aman dari DPT,” tutur Bhekti.

Masjid DT Serua

Berbeda dengan Masjid DT Batam, Pembangunan Masjid al-Hadi DT Serua yang merupakan perluasan masjid yang sudah ada, sudah mulai memasuki penyiapan masjid sementara selama bangunan utama dibangun. Lantai satu Asrama Serua yang juga sedang dalam proses pembanguna menjadi masjid sementara tersebut. Bata ringan untuk dinding sudah mulai dipasang sejak pertengan Februari lalu.

“Masjid pengganti di lantai satu Asrama Serua. Akan ada mihrab, kamar mandi, toilet, dan yang lainnya. ya sama dengan masjid sekarang,” kata Bhekti

Bhekti mengungkapkan, pembongkaran bangunan utama Masjid al-Hadi DT Serua akan mulai dilakukan usai lebaran. Masjid sementara ini dipakai sampai dua

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *