Puspo Wardoyo: Tawakal Kunci Bisnis Sukses di Kala Pandemi

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat luas semakin berinovatif, termasuk pengusaha seperti pemilik Rumah Makan Ayam Bakar Wongsolo, Puspo Wardoyo. Dalam jumpa virtualnya bersama Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Dalam pertemuan tersebut, Puspo mengatakan inovasi dan mental adalah sesuatu yang berharga menghadapi situasi darurat seperti saat ini.

Menurutnya, dalam dunia bisnis, mental dan peka terhadap keinginan pasar merupakan salah satu syarat agar bisnis bisa berkembang. Di tengah pandemi ini, kata Puspo, regulasi sistem yang sudah ada dalam bisnis harus mengalami banyak perubahan. Salah satunya memahami digitalisasi atau mengerti tata cara online.

“Ya perlu ada sesuatu yang inovatif dalam dunia bisnis, bukan hanya soal kemasan dan rasa tapi sisitem yang harus terus menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat apalagi di tengah situasi Pandemi, karena Pandmei masyarakat enggan bertemu langsung maka perlu ada insistif dari pemilik bisnis agar bisa menerima pemesanan secara online,” katanya kepada Aa Gym dalam siaran virtual yang diunggah dalam akun youtube MQTV, Jumat (10/7).

Keberadaan mental dan peka terhadap kebutuhan konsumen, katanya perlu dikembangkan dan ditingkatkan dengan tawakal kepada Allah SWT. Sebab, tanpa ada rida dari Allah SWT, bagaimana pun strategi bisnis dikeluarkan dan dicoba, maka hasilnya tetap akan sama. Artinya perlu ada pendekatan secara spiritual terkait bisnis juga.

“Harus ada pendekatan kepada Pemilik Rezeki karena hanya Dia yang bisa mengantarkan pada kesuksesan dalam berbisnis,” jelasnya.

Puspo menyepakati apa kata Aa Gym bahwa berbisnis pun harus gemar memberi, karena rezeki yang diterima sebagian ada hak orang lain.

“Saya sepakat dengan Aa Gym bahwa memberi itu perlu bahkan diwajibkan. Agar apa, agar semakin maslahat rezeki yang diterima. Seperti halnya membersihkan diri dari dosa, harta pun harus dibersihkan dengan sedekah,” ujarnya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *