SANTRI PPM MEMETIK HIKMAH DI PULAU HARAPAN

Sabtu-Ahad (5-6/5/2018) santri Program Pesantren Mahasiswa (PPM) angkatan ke-11 & santri PPM Lanjutan angkatan ke-8 melaksanakan rihlah ke Kepulaua Seribu tepatnya di Pulau Harapan.

Rihlah ini merupakan kegiatan pembelajaran terakhir santri PPM 11 & PPML 8 sebelum dilaksanakannya wisuda bulan Juni mendatang. Peserta yang mengikuti Rihlah ini sebanyak 81 orang, terdiri dari 27 santri ikhwan, 50 santri akhwat dan 4 orang perwakilan dari manajemen Daarut Tarbiyah.

Musyrifah santri PPM Ai Fitriani menuturkan “Tujuan dari rihlah ini diantaranya mempererat tali silaturhim antar santri PPM, mentafakuri ciptaan Allah SWT berupa keindahan alam, sekaligus refreshing setelah hampir 1 tahun santri belajar di Daarut Tauhiid.” Ai menambahkan susunan acara pada rihlah kali ini adalah fun games, snorkeling, malam keakraban dan barbeque.

Banyak sekali hikmah yang dirasakan peserta selama perjalanan rihlah ini, Ujang salah satu santri PPML 8 mengungkapkan “Saat menyebrangi lautan menuju Pulau Harapan santri menjadi banyak berdzikir kepada Allah SWT terutama ketika melalui ombak yang cukup besar, karena pada saat itu tidak ada daya dan upaya manusia yang dapat menghentikannya kecuali hanya pertolongan Allah saja. Kemudian ketika sampai di lokasi kami tak henti-hentinya takjub atas ciptaan Allah berupa kecantikan biota laut serta pantai dan pasir putihnya yang terhampar indah.”

Setelah melakukan perjalanan selama 2 hari 2 malam, alhamdulillah semua santri kembali ke asrama dengan selamat dengan membawa banyak hikmah yang intinya menambah rasa syukur atas karunia Allah SWT yang tak terhingga. (ang)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *