Unik, Suasana Rihlah Santri Tahfiz DT

Apa yang terpikir dalam benak sahabat jika mendengar kata rihlah? Sebagaimana yang kita tahu rihlah itu adalah melakukan perjalanan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, yang menjadi tempat liburan untuk bersenang-senang bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja.

Namun, ada yang berbeda dengan rihlah yang dilakukan oleh santri tahfiz Baitul Quran Daarut Tauhiid (BQ DT). Pada Selasa (20/2) lembaga BQ DT mengadakan rihlah tujuan Bandung, Jakarta, Tanggerang dan Bogor. Rihlah ini bukan hanya sebagai ajang untuk liburan dan bersenang-senang, tetapi juga sebagai jalan lebih mengenal Allah dengan melihat kekuasaan-Nya.

Triona Ali Saputra, salah seorang musrif pembimbing rihlah BQ DT mengatakan, rihlah ini diikuti 143 peserta, sebanyak 5 bus pariwisata. Dalam perjalanan rihlah selama dua hari, yakni sejak Selasa (20/2) hingga Rabu (21/2), santri harus memiliki tilawah al-Quran sebanyak lima juz dan senantiasa berzikir, murojaah, jaga lisan, hati, diri, dan hijab.

“Rihlah selama dua hari ini santri wajib tilawah 5 juz. Sebelum mulai bermain di wahana, santri juga harus khatam tilawah 30 juz yang dibagi secara kelompok. Satu orang satu juz, jadi tiap bus khatam dua kali,” ujar Triona.

Bukan hanya itu, untuk menjaga nama baik Pondok Pesantren DT, peserta rihlah wajib mengikuti aturan dan tata tertib yang telah dibuat oleh lembaga. Seperti wajib memakai syal identitas, dilarang membawa ponsel bagi santri, Menjunjung tinggi akhlak Islam dan budaya DT yaitu BRTT, TSP, BEBAS KOMIBA, dan 5S. Setelah rihlah santri juga ditugaskan untuk membuat laporan menggali hikmah yang didapatkan selama rihlah.

1 reply
  1. dawud iswanto
    dawud iswanto says:

    kegiatan rihlah memang menyenangkan , sungguh membuat masa kecil dan remaja sangat berarti. menanamkan banyak nilai kebaikan dan keluhuran juga pengalaman menarik serta bekal di hari depan masa dewasa nanti, sungguh tak terkira masa masa menjalani nyantri akan selalu menjadi kenangan. Salam Pramuka

    Tali Pramuka

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *