Seminar MQ Parenting: Kenali Pola Asuh Anak selama Pandemi

Mendidik dan mengasuh anak haruslah manjadi amal saleh. Karena mendidik anak dengan berlandaskan tauhid dan pola asuh yang baik, akan menjadikan anak kenal kepada Rabb-Nya. Hal ini disampaikan Pembina Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT), H. Abdurrahman Yuri. Adeda begitu sapaannya, memaparkan bagaimana pola asuh anak oleh orangtua merupakan amal saleh.

“Setiap yang kita lakukan bisa menjadi amal saleh, dan harus memiliki ilmunya dalam beramal, termasuk dalam pola asuh kepada anak. Apa dampaknya jika memakai ilmu. Pertama, kita dapat menyelesaikan masalah. Lalu yang kedua, bisa menggali potensi,” ujarnya pada Sabtu (26/9), dalam acara Seminar MQ Parenting di Kanal YouTube SMK DT.

Adeda juga menyampaikan pola asuh yang baik akan menghasilkan anak yang baik. Menurutnya, setiap orangtua diberi amanah oleh Allah Ta’ala untuk menjaga dan mendidik anak.

“Sebenarnya kita sebagai orangtua harus mengambil sikap dalam mengasuh anak. Kitalah yang mengantarkan anak ke jalan yang diridai Allah,” kata Adeda.

Hal serupa juga disampaikan Pimpinan Pondok Pesantren DT, KH. Abdullah Gymnastiar. Menurut Aa Gym begitu sapaannya, selain pola asuh akan ada timbul perbedaan dalam satu keluarga.

“Ibarat sebuah bangunan. Bangunan bagus dan indah karena berbeda fungsi dan manfaatnya. Sama hal dalam keluarga, karena perbedaan itu membuat indah,” ujarnya.

Aa Gym mengingatkan para orangtua harus menambah peran dan meningkatkan ruhiyah selama berada di rumah, khususnya saat pandemi ini.

“Kecerdasan orangtua dalam mengasuh dan memberikan rasa nyaman anak di rumah harus ditingkatkan. Rasa bosan akan selalu timbul. Apa lagi kondisi seperti saat ini. Mengandalkan guru juga tidak bisa dilakukan. Kita harus menjadikan setiap kegiatan di rumah bernilai ibadah kepada Allah, termasuk selama menemani anak belajar dan bertemu di rumah,” pungkasnya. (Eko)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *