SMP DTBS Putri Latih Siswi Disiplin Makan

Membangun karakter Baik dan Kuat (BAKU) menjadi salah satu tujuan pendidikan di Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (DT). Baik itu pendidikan formal maupun informal. Salah satu ciri dari karakter kuat khas DT adalah disiplin. Inilah yang ingin diterapkan oleh SMP Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putri dalam segala hal, termasuk disiplin saat makan.

Sisni, salah seorang musrifah SMP DTBS Putri menuturkan, untuk mendisiplinkan santri saat jam makan pagi, siang, dan malam, santri diwajibkan untuk makan secara berkelompok. Menurutnya, hal ini dilakukan untuk mempermudah para musrifah dalam mengkondisikan, dan memberi tanggung jawab agar santri BRTT (Bersih, Rapi, Tertib, Teratur) setelah makan di Aula Arafah.

Ia menjelaskan, waktu makan santri dibatasi hanya sampai tujuh menit. Sebelum makan, santri juga diwajibkan untuk membaca doa bersama.
“Kalau waktunya tidak dibatasi, mereka suka lambat makannya. Soalnya lebih banyak ngobrolnya. Sedangkan setelah makan mereka masih punya banyak agenda lainnya. Terkadang ada jam tambahan belajar di kelas, yang santri takhosus (khusus menghafal) juga harus halaqoh,” jelas Sisni pada Jumat (2/3).

Musrifah SMP DTBS Putri, dalam hal ini juga bekerjasama dengan pengurus OSIS.Mereka ditugaskan mendata santri yang puasa, sakit, dispensasi, dan yang izin sebelum jam makan tiba. Tujuannya untuk mengetahui jumlah makanan yang akan disediakan dari pihak catering.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *