Tadarus Usai Zuhur Perkuat Tauhid Santri

SMA Daarut Tauhiid Boarding School (DTBS) Putra tidak hanya dididik untuk terbaik dibidang akademik saja. Mereka jga dididik untuk kuat tauhidnya, di antaranya dengan membiasakan tadarus al-Quran usai Salat Zuhur. Musyrif SMA DTBS, Hadid Maslahat menyampaikan, hal yang paling penting dalam mendidik santri agar dekat dengan Allah, ialah dengan aktifitas sehari-hari, seperti tadarus.

“Sejak awal di SMA memang sudah jelas aturannya, bahwa pendekatan rohani menjadi akses untuk mendorong pembelajaran formal jadi lebih efektif. Selain sebagai identitas Santri DT, tadarus ini merupakan cara yang paling efektif pada santri untuk senantiasa membangun komunikasi dengan Allah SWT. Ini akan menjadi penguat bahwa Santri DT memang memiliki kadar tauhid yang tak perlu diragukan lagi,” tuturnya, Rabu (2/10).

Hadid juga mengungkapkan, tadarus usai zuhur berjamaah, wajib dilakukan para santri, kecuali bila mereka sakit. “Di sana akan kelihatan, mana yang malesan, mana yang serius. Kita jadikan bahan evaluasi buat ke pengurus. Ini juga bermanfaat untuk melancarkan cara mengaji santri, kadang ada juga yang memaknainya sebagai tempat melancarkan hafalannya,” lanjutnya.

Ia berharap, para santri ke depannya melaksankan tadarus atas inisiatif sendiri. “Memang dilakukan juga oleh sivitas yang lain. Tapi, akan lebih hidup jika dilakukan dengan serentak di tempat berbeda, sehingga setiap lokasi bisa diartikan sebagai tempat melatih diri menuju kebaikan,” katanya. (Elga)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *