Baitul Quran DT Selenggarakan Program Halaqah Orangtua Santri

Para santri berkarakter BAKU (Baik dan Kuat) tidak hanya mendapatkan keilmuan di pesantren, tetapi juga harus mampu mengaplikasikan dalam lingkungan dan keluarganya. Pun setiap orangtua yang memasukkan buah hatinya ke pesantren, pada hakikatnya mereka juga berkomitmen untuk me-mesantren-kan diri. Artinya sama-sama dengan gigih belajar dan bermujahadah untuk mengamalkan ilmu yang didapatkan. Harapannya, santri maupun orangtua santri sama-sama bertambah ilmu dan amal.

Hal tersebut disampaikan Kepala Harian Pesantren Daarut Tauhiid Ustaz Mulyadi Al-Fadhil dalam acara Silaturahmi dan Pembukaan Halaqah Orangtua/Wali Santri Baitul Quran Daarut Tauhiid (DT), Sabtu (20/02) pagi.

“Proses belajar tentunya melibatkan beberapa pihak, salah satunya keluarga yang merupakan ruang lingkup terkecil tetapi memiliki intensitas yang paling sering. Terlebih dalam situasi pandemi seperti saat ini,” kata Ustaz Mulyadi mengawali sambutannya.

“Sehingga nantinya tidak hanya santri yang bertambah ilmu, bertambah hafalan, bertambah pengetahuan agama, kita pun selaku orangtua tampaknya sangat membutuhkannya. Dengan majelis ilmu akan memberikan keberkahan, manfaat, dan jadi jalan amal saleh untuk kita. Terlebih bisa saling silaturahmi di antara kita selaku orangtua santri,” lanjutnya.

Ustaz Mulyadi juga menjelaskan silaturahmi antara orangtua/wali santri, musyrif/ah, dan pengurus pesantren adalah salah satu upaya untuk saling mengenal sehingga terjadi hubungan yang berkesinambungan.

“Mudah-mudahan silaturahmi ini membawa berkah bagi kita semua. Menjadi jalan silaturahmi yang dapat menggugurkan dosa, mengangkat derajat, dan mendapatkan pahala, serta mendapat limpahan ilmu yang melahirkan doa para malaikat. Turunnya kasih sayang Allah, juga memberikan ketenangan bagi hati kita semua,” pungkasnya.

Pada kesempatan ini, tema yang dibahas dan didiskusikan mengenai “Pentingnya Peran Orangtua dalam Pendampingan Pendidikan Anak”, yang disampaikan oleh Ustaz Sholahudin. Penyampaian materi dimulai sekitar pukul 09.50 hingga 10.45 WIB secara daring.

Agenda Halaqah Orangtua Santri ini merupakan program khusus yang digulirkan oleh Baitul Quran dalam rangka pembinaan dan ajang silaturahmi orangtua/wali santri. Dilaksanakan secara rutin setiap dua pekan sekali. (Tuqo)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *