11 Santri SMP DTBS Putri Menggali Pengalaman Hidup di Negeri Kangguru

Sabtu (7/4) sebanyak 11 orang Pelajar (santri) SMP DTBS Putri didampingi oleh 1 orang guru terbang ke negeri Kangguru guna mengikuti program Perth Immersion 2. Perth Immersion adalah sebuah program pertukaran pelajar yang hanya dilaksanakan 2 pekan agar siswa merasakan dan memahami belajar di negara orang lain, mengetahui proses pembelajaran, aktivitas belajar, aktifitas dirumah dan keseharian remaja sebaya mereka di negara lain.

Program ini rutin dilaksanakan sejak Oktober 2017, berlangsung selama 14 hari di Australia dimana Pelajar (santri) SMP DTBS Putri bersekolah di salah satu sekolah Islam di Kota Perth, Sekolah islam yang bekerjasama dengan Daarut Tauhiid yaitu Fountain College yang terletak di 12 Karri Way, Ferndale WA 6148, Australia. Siswi SMP DTBS selain belajar di Fountain College juga melakukan tadabbur alam dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata di Kota Perth, Australia Barat.

Meskipun belum mampu berbahasa Inggris dengan fasih, para santri tersebut tetap mampu melalui berbagai tantangan di negeri Kangguru ini. Beberapa hikmah yang mereka pelajari di antaranya tingginya kedisiplinan waktu masyarakat Australia, termasuk dalam hal penggunaan transportasi umum. Sebab, transportasi umum ini mereka perlukan untuk berangkat sekolah, ataupun berwisata.

Selain itu, mereka juga belajar mandiri, self service dalam berbagai kebutuhan. Seperti misalnya menyiapkan makanan sendiri, membereskan dan membersihkan rumah sendiri, pembelian tiket transportasi umum pun melayani sendiri, dll. Di sisi lain, mereka pun belajar keramahan dan kesantunan masyarakat sekitar dalam mendahulukan kepentingan orang lain serta memberikan tawaran pertolongan bagi siapapun yang ada di sekitarnya.

Harapannya, program ini tidak hanya memperluas wawasan para santri dan mengasah kemampuan verbal berbahasa Inggris. Lebih dari itu, program ini diharapkan mampu memberikan perubahan positif terhadap perkembangan akhlak para santri peserta Perth Immersion 2. (VN)

 

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *