Ingat! Adab Makan

Dalam Islam salah satu ajaran yang harus diperhatikan adalah adab.  Salah satunya seperti adab ketika makan, dari mencuci tangan sebelum makan, membaca Bismillah, makan sambil duduk dan makan menggunakan tangan kanan. Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan umatnya agar makan menggunakan tangan kanan. Sebelum makan hendaklah kita mencuci tangan agar tangan yang kita pakai untuk makan terbebas dari kuman dan penyakit lainnya, jadi dengan mencuci tangan kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita sendiri.

Makan dengan diawali Basmallah dan menggunakan tangan kanan bukan lah tanpa alasan dan makna, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia membaca ‘Bismillah’ (dengan menyebut nama Allah). Jika ia lupa membacanya sebelum makan, ucapkanlah ‘Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi’ (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhir aku makan).” (HR. Abu Dawud dan at-Tirmidzi).

Saat makan Rasulullah juga menggunakan tiga jari tangan kanannya untuk mengambil dan menyuap makanan ke dalam mulut, dan jika sudah selesai makan Rasulullah menjilati jari jemarinya sebelum dibersihkan. Sahabat Rasulullah, Ka’ab Bin Malik berkata: “Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam makan dengan menggunakan tiga jari tangan kanan dan menjilati jari-jari tersebut sebelum dibersihkan.” (HR. Muslim).

Membaca Basmallah ketika hendak makan bertujuan agar setan tidak ikut makan atau minum atas apa yang kita konsumsi. Lalu makan menggunakan tangan kanan, Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Apabila salah seorang dari kalian makan, makanlah dengan tangan kanan dan minumlah dengan tangan kanan karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).

“Ada seorang laki-laki yang makan di samping Rasulullah dengan tangan kirinya. Maka Rasulullah bersabda, ‘Makanlah dengan tangan kananmu!’ Dia menjawab, ‘Aku tidak bisa.’ Beliau bersabda, ‘Semoga kamu tidak bisa’, Padahal tidak ada yang mencegah dia makan dengan tangan kanan kecuali karena sombong. Setelah itu tangannya tidak bisa dia angkat sampai ke mulutnya.” (HR. Muslim)

Oleh karena itu, seorang muslim sangat dianjurkan untuk makan dengan menggunakan tangan kanan. Pasalnya, umat islam tidak diperbolehkan meniru perilaku setan yang makan dan minum dengan tangan kiri. Kecuali seseorang sedang benar-benar dalam kondisi yang tidak bisa menggunakan tangan kanannya. Misalkan karena tangan kanannya sedang sakit atau sedang dalam kondisi lainnya.

Kemudian yang harus selalu kita ingat juga adalah, selalu biasakan membaca doa saat hendak makan dan setelah makan, agar makanan yang kita konsumsi tidak hanya mengenyangkan tetapi juga mendapat berkah dari Allah Ta’ala. Tidak juga berbicara saat makan, tidak terburu-buru saat makan. Karena dengan kita menjaga adab makan tidak hanya kita akan mendapat manfaat pada tubuh kita. Tetapi juga yang oaling utama adalah dengan makan kita mendapat pahala dari Allah Ta’ala. wallahu a’lam bishowab.

(Shabirin)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *