Masuk Pekan ke-14, Santri PPMV Tetap Semangat Belajar Ilmu Fikih

Kegiatan pembelajaran daring santri Program Pesantren Mahasiswa Virtual (PPMV) pada Selasa (10/11) telah memasuki pekan ke-14. Tema yang dibahas kali ini mengenai Fikih Saum yang dibagi menjadi 3 pertemuan. Pada pertemuan pertama pekan lalu, Ustaz Muhamad Sapria menyampaikan materi tentang definisi dan dalil-dalil saum. Kemudian dilanjutkan pada pekan ini membahas tentang syarat wajib dan sah saum.

Setelah santri menyimak penyampaian materi melalui media YouTube, selanjutnya santri dijadwalkan berdiskusi langsung dalam forum tanya jawab menggunakan aplikasi Zoom. Namun karena ustaz berhalangan hadir, forum tanya jawab dilakukan melalui pesan WhatssApp. Meski demikian santri tetap antusias mengikuti arahan dari musyrif & musyrifah (pendamping santri) hingga akhir kegiatan belajar.

Musyrif dan musyrifah pun sangat senang melayani dan membimbing santri. Mereka berharap santri tetap bisa optimal dalam mendapatkan ilmu walau tidak bertatap muka secara langsung.

“Alhamdulillah meski sudah memasuki pertengahan program, santri begitu semangat ketika belajar dan rajin mengikuti mentoring serta halaqah rutin bersama kami. Kami pun sebagai pembimbing ikut merasakan semangat belajarnya meski tidak bertatap muka secara langsung. Semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat dan dapat diamalkan,” ujar Ai Fitriani, musyrifah santri akhwat.

Tetap semangat mencari ilmu di masa pandemi ini menjadi hal yang sulit dilakukan karena banyak sekali keterbatasan. Namun dengan adanya PPMV, diharapkan dapat menjadi wadah optimal mencari ilmu secara daring. (Irsyad)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *