Pembangunan Dome di Eco Pesantren DT Capai 39 Persen

Pembangunan dome yang merupakan aset wakaf Daarut Tauhiid (DT), kini telah mencapai 39 persen. Para pekerja tampak sibuk melakukan pengecoran kolom-kolom tiang pondasi yang berjumlah 23 kolom.

Nursal, Projek Manager Pembangunan menyampaikan, pengecoran tidak menggunakan mesin pompa yang biasanya dipakai. Tapi, memberdayakan pekerja yang berjumlah 60 orang. Tujuannya agar mereka dapat menjaga kolom-kolom, dan tidak jebol saat proses pengisian coran.

“Ukuran untuk tiangnya sekitar 50 x 50 dengan tinggi sekitar 33 meter, yang akan diisi oleh coran sekitar 75 persen. Pengecorannya membutuhkan sekitar 18 kubik untuk keseluruhan. Seperti pengalaman yang sudah dialami, bahwa kebanyakan pengecoran kolom menggunakan mesin pompa, dapat berakibat retak dan jebol pada bagian kolom tiang. Hal ini dapat berpengaruh pada kondisi tiang saat kering nantinya,” katanya pada Selasa (18/6).

Pengecoran tersebut diharapkan dapat selesai dalam satu hari, maksimal sore hari.  Kolom dengan ukuran tersebut dapat menahan sampai dua ton coran sampai kering.

“Semoga bisa selesai dalam waktunya, tanpa ada kendala apa pun. Setelah pengecoran ini akan dilanjutkan dengan penggalian untuk tiang berikutnya,” pungkasnya. (Toni Antonius)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *